Cukup Tambahkan 3 Pilar Makanan Seimbang Ini untuk Jaga Kesehatan

Tiga pilar makanan seimbang. (Foto: Freepik)

Sukoharjonews.com – Tiga pilar utama dalam makanan seimbang meliputi karbohidrat kaya serat, protein tanpa lemak, dan lemak antiradang dalam satu porsi makan. Lemak antiradang bisa termasuk alpukat atau minyak zaitun extra virgin.


“Memiliki ketiga pilar tersebut dalam satu porsi makanan dapat menjaga gula darah tetap stabil, nafsu makan terkendali, tingkat energi akan membaik, serta suasana hati dan kesehatan mental akan lebih baik,” jelas Moskovitz sebagaimana dilansir dari Healthdigest, Kamis (2/2/2023).

Mari intip 3 pilar makanan seimbang untuk menjaga kesehatanmu, ini dia:

Mengubah Hubungan dengan Makanan
Moskovitz mengatakan di podcast-nya bahwa melabeli makanan sebagai baik atau buruk dapat membuat kamu berperilaku tidak sehat. Apa yang terjadi adalah kamu menentukan bagaimana perasaan kamu sebelum mulai makan. Sebaliknya, Moskovitz menyarankan untuk mengubah hubungan kamu dengan makanan melalui mencari informasi yang lebih sehat tentang makanan dan berat badan, serta menyaring pesan negatif.


Kesehatan tidak selalu tentang berat badan atau kalori. “Menurunkan berat badan tidak berarti Anda akan menjadi lebih sehat. Berbadan besar bukan berarti Anda akan menjadi lebih sehat, berada dalam tubuh yang sangat kecil pun juga bukan berarti Anda sehat,” jelas Moskovitz.

Dia juga menyarankan untuk menggunakan buku harian makanan. Bukan untuk mencatat total kalori, tapi untuk mencatat mengapa kamu mengonsumsi makanan tertentu. Dengan kata lain, kamu bisa memilih salad karena terlihat enak atau kamu tahu itu akan membuat kamu merasa enak.

Atau kamu bisa makan salad karena merasa bersalah akibat terlalu banyak makan sebelumnya dan membutuhkan sesuatu yang rendah kalori. Ini dapat membantu kamu menentukan pola makan yang membuat stres, emosional, atau penuh rasa bersalah. Moskovitz mengatakan mengubah hubungan kamu dengan makanan tidak bisa terjadi dalam satu malam, tapi bisa dilakukan dengan membuat perubahan kecil setiap hari. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *