Cuka Apel Bisa Membantu Menghilangkan Ketombe? Tidak Percaya? Buktikan Saja!

Cuka apel membantu menghilangkan ketombe. (Foto: Getty Images)

Sukoharjonews.com – Bagi sebagian orang, sering memggunakan cuka apel untuk menurunkan berat badan. Namun, tahukah Anda ternyata cuka apel mempunyai banyak manfaat, salah satunya untuk mengobati ketombe.
Cuka apel dibuat dari sari buah apel yang difermentasi dan menghasilkan cairan yang berwarna cokelat bening, dengan rasa sangat masam.


Manfaat cuka apel untuk rambut cukup beragam, di antaranya seperti bisa mengatasi ketombe dan ampuh untuk melembutkan rambut. Mengutip dari Fimela, Selasa (24/1/2023), berikut manfaat dan cara mengatasi ketombe dengan menggunakan cuka apel:

1. Menyeimbangkan Tingkat pH
Cuka apel bersifat sangat asam dan bila digunakan secara teratur, dapat menurunkan pH kulit kepala Anda, meningkatkan kesehatannya, dan membuat rambut lebih kuat, halus, dan berkilau.

2. Properti antimikroba
Cuka apel memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang melawan bakteri dan jamur penyebab ketombe. Penggunaan cuka sari apel juga dapat mencegah jenis infeksi kulit kepala lainnya, serta meredakan gatal dan kekeringan.


3. Mengandung Vitamin C Dan B
Cuka apel mengandung sebagian besar nutrisi sebagai sari apel. Ini kaya akan vitamin B, yang memainkan peran integral dalam meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan kondisi seperti ketombe. Cuka apel juga mengandung vitamin C, yang membersihkan kulit kepala, melawan bakteri, menangkal ketombe, dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

4. Mengandung Antioksidan
Cuka sari apel mengandung polifenol, yang bertindak sebagai antioksidan. Senyawa tumbuhan ini membantu melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel, meredakan peradangan, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.


Tips menggunakan cuka apel untuk mengobati ketombe:

1. Bilas Cuka Sari Apel
Encerkan cuka sari apel dalam air hangat dengan perbandingan 1:1 . Gunakan ini sebagai pembilas setelah keramas untuk mengontrol dan mencegah ketombe. Diamkan selama kurang lebih 15 menit sebelum dibilas dengan air biasa. Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini sekali atau dua kali seminggu.

2. Semprotan Cuka Sari Apel
Campurkan dua sendok makan cuka sari apel dalam secangkir air. Isi botol semprot dengan larutan air cuka apel ini. Semprotkan ke kulit kepala dan rambut setelah keramas dan kondisioner rambut . Biarkan udara kering. Lakukan ini sekali dua minggu untuk membersihkan dan mengklarifikasi kulit kepala.


3. Pijat Cuka Sari Apel dan Minyak Pohon Teh
Tambahkan beberapa tetes minyak pohon teh ke dalam larutan cuka sari apel dan air. Aduk rata dan pijat dengan lembut ke kulit kepala. Bilas dengan sampo ringan setelah sekitar 15 menit. Gunakan obat ini seminggu sekali.

4. Masker Rambut Cuka Sari Apel dan Lidah Buaya
Ambil satu sendok makan cuka apel dicampur dalam secangkir air. Tambahkan 5-6 sendok makan gel lidah buaya. Aduk rata dan oleskan ke kulit kepala dan rambut. 7. Bilas rambut dengan air setelah sekitar 10 menit. Gunakan obat DIY ini untuk ketombe hingga dua kali seminggu.


5. Bilas Teh Chamomile dan Cuka
Campurkan satu sendok makan cuka apel dalam secangkir teh chamomile hangat . Gunakan sebagai bilasan terakhir setelah keramas dan kondisioner rambut Anda. Anda dapat menggunakan obat ini setiap dua minggu sekali.

6. Aspirin Dan Cuka Sari Apel Bilas
Hancurkan tiga tablet aspirin dan campurkan dalam secangkir cuka apel. Bilas rambut Anda menggunakan larutan ini setelah keramas. Biarkan selama sekitar lima menit sebelum dibilas dengan air biasa. Tindak lanjuti dengan kondisioner. Ikuti metode ini sekali dua minggu.


7. Bilas cuka lemon dan cuka apel
Campurkan seperempat cangkir cuka apel dengan secangkir air. Tambahkan jus setengah lemon dan aduk rata. Bilas rambut dengan larutan ini atau semprotkan menggunakan botol semprot. Gunakan handuk untuk membungkus rambut Anda dan biarkan selama sekitar 30 menit. Sampo dan kondisikan rambut seperti biasa. Gunakan obat ini dua kali seminggu untuk mengurangi ketombe dan meredakan iritasi.

8. Bilas soda kue dan cuka sari apel
Ambil kedua bahan dalam porsi yang sama dan aduk hingga membentuk pasta. Gunakan sebagai scrub pada kulit kepala , pijat dengan lembut selama sekitar lima menit untuk menghilangkan kulit mati dan penumpukan. Bilas bersih dengan air biasa. Gunakan obat ini tidak lebih dari sekali atau dua kali seminggu.

Penjelasan diatas merupakan manfaat dan cara menggunakan cuka apel untuk mengobati ketombe Anda. Bukankah caranya mudah? Silakan mencobanya jika Anda tertarik. (cita septa/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *