Ciu Oplosan Hendak Dikirim Ke Blitar Disita Satpol PP, Ada 350 Botol

Kepala Satpol PP Sukoharjo Heru Indarjo menunjukkan ribuan liter ciu oplosan yang hendak dikirim ke Blitar, Selasa (9/7).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Ratusan botol ciu oplosan yang mencapai ribuan liter dari Bekonang, Mojolaban disita Satpol PP Sukoharjo, Selasa (9/7). Ciu oplosan tersebut hendak dibawa ke Blitar, Jatim oleh dua orang remaja yang melakukan pembelian ciu tersebut di Bekonang. Saat ini, selain menyita ciu oplosan, dua remaja tersebut juga diamankan Satpol PP.



“Rencananya ciu oplosan tersebut hendak dibawa ke Blitar. Namun, sebelum beragkat sudah kami tangkap dan barang bukti ciu kami sita,” ujar Kepala Satpol PP Sukoharjo, Heru Indarjo.

Dikatakan Heru, dua remaja kulakan ciu oplosan tersebut dari seorang pengepul di daerah Bekonang, Mojolaban. Satu botol ciu oplosan dibeli dengan harga Rp15 ribu. Dari pengakuan dua remaja tersebut, satu botol ciu oplosan dijual kembali dengan harga Rp50 ribu. Ciu tersebut sudah oplosan karena tidak berwarna bening seperti ciu kebanyakan. Ciu oplosan tersebut berwarna coklat kebiruan.

Ciu tersebut dioplos dengan fermentasi anggur, sitrid dan temulawak. Dari bahan-bahan tersebut belum diketahui kadar alkoholnya berapa persen. Namun untuk yang ciu murni sekitar 23%. Dikatakan Heru, ciu oplosan tersebut jika disimpan lama dalam botol bisa meledak karena mengandung gas di dalamnya. Soal pengepulnya, Heru mengaku sudah dimintai keterangan oleh petugas.

“Pengepul itu bukan merupakan perajin alkohol karena posisinya hanya sebagai pengepul dan menyediakan bahan untuk dijual pada konsumen dari luar kota. Untuk dua remaja yang kami amankan kami data dan kami bina,” ujarnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed