Cek Disini, 15 Sekolah Kedinasan di Indonesia yang Bisa Jadi Pilihan Utama

PKN STAN. (Foto: Kementerian Keuangan)

Sukoharjonews.com – Sekolah kedinasan masih menjadi tujuan favorit lulusan SMA/SMK di Indonesia. Pasalnya, setelah lulus tidak perlu lagi mencari pekerjaan karena langsung disalurkan ke instansi terkait. Pasalnya, sekolah kedinasan merupakan perguruan tinggi yang dikelola oleh lembaga pemerintah. Bahkan, sebagian besar sekolah kedinasan menggratiskan biaya selama pendidikan.


Dilansir dari laman Ruangguru, berikut ini 15 sekolah kedinasan yang bisa jadi pilihan utama bagi lulusan SMA dan SMK:

1. PKN STAN (Politeknik Keuangan Negara STAN)
PKN STAN adalah sekolah kedinasan di bawah Kementerian Keuangan RI yang menyelenggarakan Program Studi Diploma di Bidang Keuangan Negara. Dulunya, sekolah ini dikenal dengan nama STAN sampai akhirnya pada tahun 2015, STAN secara resmi berubah nama menjadi PKN STAN.

Sekolah yang berlokasi di Bintaro Jaya, Banten ini memiliki 4 jurusan yaitu:

Jurusan Akuntansi: D-III Akuntansi dan D-IV Akuntansi
Jurusan Pajak: D-III Pajak, D-III PBB/Penilai, dan Diploma I Pajak
Jurusan Kepabeanan dan Cukai: D-III Kepabeanan dan Cukai, D-I Kepabeanan dan Cukai
Jurusan Manajemen Keuangan: D-III Kebendaharaan Negara, D-III Manajemen Aset, dan D-I Kebendaharaan Negara

2. IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)
IPDN adalah perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Kampusnya pun tersebar di beberapa daerah di Indonesia, antara lain yaitu Jakarta, Sumbar, Sulsel, Sulut, NTB, Papua, Kalbar dan Riau. Di IPDN, terdapat dua fakultas yang disediakan, yaitu:

Fakultas Politik Pemerintahan: Program Studi Kebijakan Pemerintahan dan Program Studi Politik Pemerintahan
Fakultas Manajemen Pemerintahan: Program Studi Manajemen Sumber Daya Manusia, Program Studi Manajemen Keuangan, Program Studi Manajemen Pembangunan, Program Studi Manajemen Pemerintahan, dan Program Studi Kebijakan Pemerintahan.


3. STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara)
STSN diselenggarakan oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia dan merupakan satu-satunya pendidikan tinggi persandian di Indonesia. Sekolah ini memiliki dua program studi yaitu D-IV Manajemen Persandian dan D-IV Teknik Persandian (Program Studi Teknik Kripto dan Program Studi Teknik Rancang Bangun Peralatan Sandi).

Pembagian program studi di STSN dilaksanakan pada semester 1, sedangkan peminatan dilakukan pada semester 3 pada program studi Teknik Persandian. Pendidikan akan ditempuh selama 4 tahun. Sekolah ini melahirkan siswa untuk menguatkan keamanan data atau informasi rahasia negara. Yuk, yang tertarik dengan persandian, bisa daftar di sekolah ini!

4. POLTEKIP (Politeknik Pemasyarakatan) POLTEKIM (Politeknik Imigrasi)
Poltekim dan Poltekip adalah sekolah kedinasan di bawah naungan Kemenkunham (Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI). Poltekip membuka tiga program yakni Teknik Pemasyarakatan, Manajemen Pemasyarakatan, dan Bimbingan Pemasyarakatan. Poltekip didirikan karena adanya perubahan perlakuan terhadap pelanggar hukum menjadi pemasyarakatan. Oleh sebab itu, dibutuhkan SDM yang berkualitas yang dilatih melalui Poltekim.

5. POLTEKIM (Politeknik Imigrasi)
Sama dengan Poltekip, Poltekim juga terbagi menjadi tiga program studi, yaitu Hukum Keimigrasian, Administrasi Keimigrasian, dan Manajemen Teknologi Keimigrasian. Dulunya, Poltekim bernama Akademi Imigrasi yang bertujuan untuk menghasilkan aparatur keimigrasian yang terampil dan profesional yang bertugas sebagai penegak hukum.


6. STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)
STIN adalah sekolah kedinasan yang ada di bawah naungan Badan Intelijen Negara. Tujuan STIN adalah menyelenggarakan pendidikan akademik di bidang intelijen dan dapat menyelenggarakan pendidikan profesi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. STIN membuka program S1 dengan dua jurusan yaitu Agen Intelijen dan Analisis Intelijen.

7. Politeknik Statistika STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)
Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) dulunya bernama Akademi Ilmu Statistik (AIS) merupakan perguruan tinggi kedinasan yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Sekolah yang berlokasi di Jakarta Timur ini mempunyai tiga program studi, yaitu:

– Program Studi Diploma III Statistika
– Program Studi Diploma IV Statistika
– Program Studi Diploma IV Komputasi Statistik

8. STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika)
Berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014, STMKG berada di bawah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Sekolah ini bertujuan menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan berwawasan global di bidang meteorologi, klimatologi, geofisika serta instrumentasi meteorologi, klimatologi, dan geofisika. STMKG memiliki 4 program studi Diploma IV yaitu:

– Meteorologi
– Klimatologi
– Geofisika
– Instrumentasi


9. Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)
Politeknik Siber dan Sandi Negara atau Poltek SSN ini bisa kamu pilih. Poltek SSN diselenggarakan oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Jika kamu berhasil diterima di Poltek SSN, maka kamu harus siap ditempa untuk menjadi seorang profesional di bidang persandian dan keamanan informasi. Buat kamu yang suka spill dan kurang bisa jaga rahasia, sebaiknya harus mulai dikurangi kalau masuk ke sini.

10. Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug
Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) ini cocok banget buat kamu yang suka dengan bidang penerbangan. Dengan masuk ke PPI ini kamu akan dilatih oleh tenaga profesional untuk menjadi sumber daya manusia yang ahli dan terampil di bidang penerbangan, serta diakui secara nasional maupun internasional.

PPI memiliki 4 jurusan, yaitu:

– Penerbangan
– Teknik Penerbangan
– Keselamatan Penerbangan
– Manajemen Penerbangan

Pola pendidikan dan pelatihannya mengacu pada pendidikan akademis, fisik, mental, dan kedisiplinan. Maka dari itu, untuk kamu yang ingin belajar di PPI kamu harus siap tinggal di asrama selama diklat berlangsung.

11. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP)
Perguruan tinggi kedinasan selanjutnya yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan adalah Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP). STIP dulunya lebih dikenal dengan nama Akademi Ilmu Pelayaran atau Pendidikan dan Latihan Ahli Pelayaran. Sesuai namanya, di perguruan tinggi ini kamu akan banyak belajar tentang transportasi laut, seperti Nautika, Teknika, dan Ketatalaksanaan Angkatan Laut dan Kepelabuhan (KALK).

12. Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI)
Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI) yang berada di bawah Kementerian Perhubungan menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang transportasi darat. Kamu bisa belajar tentang berbagai macam transportasi darat, menajemen transportasi jalan, hingga manajemen transportasi perkeretaapian.


13. Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI)
Satu lagi kampus di bawah Kementerian Perhubungan yaitu Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI). Perguruan tinggi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang ahli di bidang perkeretaapian, baik itu merawat, menguji, menginspeksi, hingga mengudit.

Prospek kerja lulusannya pun beragam, lho. Kamu nggak hanya bisa bekerja di pemerintahan, tetapi juga bisa bekerja di perusahaan perkeretaapian nasional hingga internasional. Empat jurusan kuliah yang tersedia di PPI seluruhnya berjenjang D3, yaitu:

– Teknologi Bangunan dan Jalur Perkeretaapian
– Teknologi Elektro Perkeretaapian
– Manajemen Transportasi Perkeretaapian
– Teknologi Mekanika Perkeretaapian.

14. Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ)
PKTJ adalah perguruan tinggi kedinasan yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan. Perguruan tinggi yang didirikan pada tahun 1971 ini awalnya memiliki nama Balai Diklat Trans Jaya. Ada 3 program studi yang bisa kamu pilih saat masuk ke PKTJ, yaitu:

– D4 Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
– D4 Teknologi Rekayasa Otomotif
– D3 Teknologi Otomotif

15. Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP)
Terakhir, akademi yang berada di bawah Kementerian Perhubungan ini memiliki tugas utama untuk melaksanakan pendidikan profesional program diploma di bidang keahlian teknik dan keselamatan penerbangan. ATKP berada di tiga daerah di Indonesia, yaitu Surabaya, Makassar, dan Medan.

Di sini, kamu akan belajar tentang teknis di bandara, navigasi udara, teknik perawatan pesawat, penanganan bagasi, serta teknis keselamatan dalam penerbangan. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 3

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *