Cara Menjaga Penampilan Awet Muda

Cara menjaga penampilan awet muda.(Foto:webmd)

Sukoharjonews.com – Apakah kamu sedang duduk? Sebuah penelitian di Jerman baru-baru ini menemukan bahwa penampilan kulit wanita di dada, tangan, dan lengannya sangat memengaruhi persepsi usianya. Dengan kata lain, bukan hanya wajah saja yang perlu Anda khawatirkan mengenai penuaan, namun kulit Anda juga.


Dilansir dari WebMD, Kamis (23/5/2024), bukan rahasia lagi bahwa penuaan tidak bisa dihindari. Namun, jika Anda harus menua, mengapa tidak melakukan apa saja untuk menundanya selama mungkin? Ternyata bukan hanya gen dan sinar matahari yang mungkin membuat Anda menua. Baca terus untuk mengetahui delapan cara menjaga penampilan awet muda

1. Jauhi sinar matahari
Meskipun benar bahwa sinar matahari bukan satu-satunya faktor dalam penampilan kulit Anda secara keseluruhan, sinar matahari mempunyai peranan yang sangat besar. Faktanya, kerusakan akibat sinar UV matahari (sinar UVA dan UVB) bertanggung jawab atas sekitar 90% tanda-tanda penuaan pada kulit Anda. Sinar UV memecah elastin di kulit Anda, menyebabkan penampilan kendor dan kusam, kerutan, bintik-bintik penuaan, warna kulit tidak merata, dan banyak lagi.

Selalu (selalu, selalu, selalu) kenakan tabir surya berkualitas baik dengan nilai SPF minimal 30, dan pastikan tabir surya tersebut berspektrum luas — artinya tabir surya membantu menghalangi sinar UVA dan UVB. Ingatlah bahwa sinar matahari tidak masuk baik saat cuaca cerah atau tidak, jadi pastikan Anda memakai tabir surya setiap hari. Dan ingatlah untuk mengajukan permohonan kembali setiap beberapa jam untuk perlindungan maksimal.


2. Minum banyak air
Kunci lain untuk kulit tampak lebih muda adalah hidrasi. Anda harus mengonsumsi 8 gelas air yang disaring setiap hari untuk menjaga kulit Anda tampak bercahaya dan mendukung kesehatan yang optimal. Dehidrasi dapat dengan cepat menyebabkan kulit Anda terlihat kering dan kusam, sehingga menimbulkan kerutan dan penuaan. Minum cukup air setiap hari akan mengisi kembali jaringan dan sel kulit Anda, sehingga kulit tampak lebih muda dan sehat.

3. Dapatkan beberapa jam tidur
Kunci lain untuk menjaga penampilan awet muda adalah dengan cukup istirahat! Saat Anda tidur, tubuh Anda terus-menerus melepaskan hormon yang mendorong pergantian dan pembaruan sel. Gunakan waktu ini untuk keuntungan Anda — inilah saatnya Anda harus menggunakan bahan aktif anti penuaan seperti retinoid dan asam beta hidroksi, yang merupakan eksfolian kuat dan penghapus kerutan. Namun perlu diingat bahwa ini meningkatkan sensitivitas Anda terhadap sinar matahari, jadi ekstra waspada dengan tabir surya.

Untuk melangkah lebih jauh, pertimbangkan untuk meningkatkan ke sarung bantal satin. Seiring waktu, menggosok-gosok kain yang lebih kasar, seperti katun, dapat menyebabkan kerusakan kolagen di kulit, sehingga menyebabkan kerutan.


4. Gosokkan
Meskipun air membantu kulit Anda tetap terhidrasi dari dalam ke luar, Anda juga dapat membantu dengan memastikan Anda menggunakan pelembab yang tepat secara konsisten. Kulit yang terhidrasi tidak hanya terlihat lebih baik, tetapi juga lebih kuat dan mampu melawan segala iritasi. Pelembab terdiri dari dua komponen untuk membantu kulit Anda terasa lembut dan kenyal: humektan, yang menarik air dari udara ke kulit Anda, dan emolien, yang membantu memperkuat penghalang lipid kulit dan mempertahankan kelembapan.

Krim dan pelembab tidak semuanya diciptakan sama. Penting untuk menggunakan produk Clinical Grade dengan daya serap dan penetrasi lebih baik ke dalam kulit, juga dengan bahan aktif lebih tinggi, untuk hasil terbaik, dan didukung oleh studi klinis yang terbukti merawat dan melindungi kulit. Produk perawatan kulit tingkat klinis yang didorong oleh hasil ini hanya dijual di Praktik Medis seperti kami.

5. Makan makanan yang kaya akan tumbuhan
Banyak manfaat dari pola makan yang banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Mereka menyediakan nutrisi penting yang membantu mendukung penuaan yang sehat dan menjaga tubuh Anda tetap muda, baik luar maupun dalam. Buah-buahan dan sayur-sayuran juga menambah asupan fitonutrien, yang membantu tubuh Anda menangkal efek merusak dari radikal bebas yang ditemukan di lingkungan. Usahakan untuk mengonsumsi makanan sehat yang sebagian besar terdiri dari buah-buahan dan sayuran, ditambah dengan biji-bijian dan protein sehat tanpa lemak. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *