Cara Menghilangkan Noda Kuning pada Pakaian, Ternyata Cukup Mudah

Cara menghilangkan noda kuning pada baju. (Foto: Pinterest)

Sukoharjonews.com – Meskipun noda kuning pada pakaian sangat umum terjadi, namun bisa sangat mengganggu. Tidak ada yang lebih buruk daripada melepas baju favorit dan melihat noda kuning besar. Seketika suasana hati menjadi hancur, karena kamu menganggap pakaianmu sudah rusak. Bagian terburuknya adalah pakaian berwarna putih dan pakaian berwarna lebih terang sangat rentan terhadap noda tersebut. Sisi baiknya menghilangkan noda seperti itu adalah mungkin. Yang perlu diketahui hanyalah beberapa tips dan trik.


Dilansir dari Archzine, Selasa (6/2/2023) berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan noda kuning pada pakaian:

Bagaimana Cara Menghilangkan Noda Kuning?
Noda kuning yang mengganggu biasanya muncul ketika keringat bercampur dengan unsur aluminium antiperspiran dan deodoran. Hal ini menyebabkan timbulnya noda kuning. Hal penting yang perlu diingat adalah jika melihat noda seperti itu jangan coba-coba mencucinya dengan air hangat. Lebih baik bilas dengan air dingin dan mulailah merawatnya.

– Pemutih
Pemutih sangat bagus untuk menghilangkan noda tersebut pada pakaian putih. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengoleskan pemutih pada noda dan diamkan beberapa saat. Lalu cucilah. Anda juga bisa mengoleskan sedikit pemutih pada mesin cuci itu sendiri . Namun, perlu diingat bahwa Anda hanya boleh melakukan ini jika semua pakaian di dalam mesin berwarna putih. Hal ini karena pemutih menghilangkan warna pakaian dan terlalu kuat untuk bahan seperti sutra.


– Baking Soda, Peroksida, dan Air
Jika menginginkan penghilang noda buatan sendiri, bisa dengan membuat sendiri campuran soda kue, peroksida, dan air. Yang perlu dilakukan hanyalah mencampurkan bahan-bahan ini dengan perbandingan yang sama ke dalam mangkuk. Kemudian oleskan campuran tersebut pada noda. Sebaiknya gunakan sikat berbulu untuk menggosokkan campuran soda kue ke noda dan kain. Biarkan selama setidaknya setengah jam atau satu jam, tergantung seberapa parah nodanya. Kemudian masukkan pakaian ke dalam mesin cuci seperti biasa.

– Aspirin
Aspirin tidak hanya baik untuk menghilangkan sakit kepala atau membantu mengatasi mabuk. Aspirin juga bagus untuk menghilangkan noda kuning yang mengganggu dari pakaian. Metodenya sederhana. Cukup hancurkan tiga atau empat tablet Aspirin dalam air hangat dan aduk hingga larut sepenuhnya. Tuangkan cairan ke dalam ember atau mangkuk dan sediakan air secukupnya untuk merendam pakaian yang terkena noda. Biarkan selama setengah jam hingga satu jam penuh, tergantung nodanya. Proses ini dapat diulangi apabila tidak puas.


– Sabun cuci piring
Sabun cuci piring adalah barang rumah tangga yang sangat umum, artinya jika tidak mempunyai waktu ke toko untuk membeli penghilang noda, bisa dengan menggunakan sabun cuci piring saja. Oleskan sedikit sabun pada noda dan biarkan selama setidaknya setengah jam lalu cuci. Jika tidak punya sabun cuci piring, juga bisa menggunakan sampo.

– Pasta gigi
Banyak pasta gigi yang memiliki efek mencerahkan. Oleskan sedikit pasta gigi langsung ke pakaian yang bernoda. Ambil sikat berbulu halus dan gosokkan pada noda hingga akhirnya terangkat. Setelah berhasil menghilangkan noda, cuci pakaian tersebut untuk menghilangkan pastanya.


– Garam dan cuka
Sama seperti soda kue, cuka juga sangat berguna untuk membersihkan. Hal ini juga berlaku untuk noda. Yang perlu dilakukan hanyalah mencampurkan setengah cangkir garam dengan setengah cangkir cuka. Aduk rata lalu oleskan pada noda. Diamkan campuran tersebut pada pakaian selama sekitar setengah jam, lalu cuci pakaian seperti biasa.

– Jus lemon
Jus lemon berfungsi sebagai pemutih untuk noda jenis ini. Ini membantu mencerahkan noda pada pakaian putih dan pakaian berwarna terang. Cukup peras sedikit air jeruk lemon dan oleskan langsung pada noda kuning. Kemudian letakkan pakaian tersebut di tempat yang terkena sinar matahari di luar sepanjang hari. Setelah membawa pakaian tersebut ke dalam, pastikan untuk mencucinya sesegera mungkin baik dengan tangan atau dengan mesin cuci. (wisnu-g3/nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *