Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak yang Penting Diketahui

Cara mengatasi hidung tersumbat pada anak. (Foto: Calpol)

Sukoharjonews.com – Mengalami hidung tersumbat adalah hal yang sangat mengganggu. Apalagi jika hal ini terjadi kepada balita. Hidung tersumbat terjadi karena beberapa penyebab. Adanya infeksi virus atau bakteri, udara kering, alergi seperti pada asap rokok. Sementara itu, jika hidung tersumbat karena flu dan pilek pada anak, itu merupakan hal yang wajar, pasalnya hal itu bisa hilang dengan sendirinya.


Melansir dari ClevelandClinic, Jumat (3/2/2023), menjaga lendir berlebih juga dapat menangkal infeksi kulit yang disebabkan oleh bocornya lendir di sekitar hidung anak Anda. “Cara terbaik untuk menghilangkannya adalah dengan alat pengisap hidung bayi yang praktis seperti aspirator hidung atau pengisap ingus Swedia,” kata Dr. Sniderman.

Dengan aspirator hidung, Anda membuat isapan dengan meremas bola lampu lalu memasukkannya dengan lembut ke hidung anak Anda dan melepaskannya. Dengan pengisap ingus Swedia, Anda membuat isapan dengan mulut Anda – tetapi tabung panjang dan tipis dengan selaput di atasnya berdiri di antara Anda dan botol besar yang masuk ke hidung mereka. Anda dan bayi Anda mungkin tidak menyukai prosesnya, tetapi itu berhasil.


Hal itu dapat dilakukan dengan cara berikut:

Gunakan tetes garam dan pelembab untuk mengencerkan lendir
Terlepas dari usia anak Anda, jika lendir terlalu kental untuk dikeluarkan, Dr. Sniderman menyarankan untuk menggunakan beberapa tetes semprotan hidung saline yang dijual bebas untuk membantu mengencerkannya. Humidifier juga dapat membantu menghilangkan lendir dengan lebih mudah.

Jangan lupa untuk mencuci
Apakah Anda masih pada tahap pengisap ingus atau anak Anda sedang belajar membuang ingus sendiri, ingatlah untuk mencuci tangan setelahnya (dan ingatkan anak Anda untuk mencuci tangan mereka juga) – dan sering, secara umum. Mencuci tangan adalah cara terbaik untuk mencegah penyebaran penyakit, kata Dr. Sniderman.

Dan jika bayi atau balita Anda masih mengalami kemacetan, konsultasikan dengan dokter spesialis anak untuk panduan lebih lanjut. (cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *