Bupati Ajak Pramuka Jadi Pelopor Generasi Muda Yang Inovatif dan Kreatif

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya saat menyerahkan trophy pada pemenang sejumlah lomba pramuka, Rabu (14/8).

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Pemkab Sukoharjo menggelar upacara memperingati Hari Pramuka Ke-58 Tahun 2019, Rabu (14/8). Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya yang juga Ketua Majelis Pembina Cabang (Mabicab) Pramuka bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup). Dalam kesempatan itu, Bupati mengajak pada anggota Pramuka untuk menjadi polor generasi muda yang inovatif dan kreatif dalam berkarya dan menjaga keutuhan NKRI.



“Tema Hari Pramuka Ke-58 Tahun 2019 ini adalah “Peringatan 58 Tahun Gerakan Pramuka Bersama Seluruh Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI”,” ujar Bupati

Dikatakan Bupati, Gerakan Pramuka dengan berbagai kegiatan di luar ruangan akan terus memperkuat dan menjaga NKRI. Sejak awal Pramuka dirancang sebagai alat pendidikan bagi generasi muda untuk menjadi perekat dan siap membangun kutuhan NKRI. Untuk itu, Pramuka hadir dan diterima oleh masyarakat di semua daerah. Bupati mengajak Hari Pramuka Ke-58 diisi dengan berbagai kegiatan bakti masyarakat dengan tagline “Pramuka Bersih Negeri”.

Kegiatan tersebut antara lain aksi donor darah, penetapan bulan Agustus sebagai bulan bakti Pramuka dengan melaksanakan kegiatan bakti seperti pencetusan Komitmen Gerakan Pramuka untuk mengurangi sampah plastik, aksi bersih sampah plastik, aksi bersih sungai, penghijauan, dan lainnya. Tujuan dari kegiatan Pramuka sendiri sangatlah mulia, yakni untuk mendidik generasi muda jaman sekarang ke hal-hal positif dengan dasar dan metode kegiatan pramuka yang sesuai dengan norma-norma masyarakat yang berlaku.

Dengan begitu, ujar Bupati, akan diperoleh suatu anggota Pramuka yang memiliki moral, mental dan budi pekerti yang bijaksana. Selain itu, juga akan menjadikan manusia yang memiliki jiwa Pancasila. Sehingga, para generasi penerus bangsa akan berguna dan bermanfaat bagi pembangunan bangsa dan negara. “Pada prinsipnya Gerakan Pramuka harus semangat. Anggota Pramuka harus semangat dan jadi pelopor generasi muda lainnya,” tandasnya.

Usai upacara, Bupati bersama pejabat Forkopimda menyerahkan trophy juara lomba pengucapan Dwidarma, Dasadarma. Lomba Cepat Tepat Pramuka Suaga dan Penggalang Kwarcab Sukoharjo. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed