Ragam  

Buka Gladian Pemimpin Regu Pramuka, Bupati Ingatkan Prokes Tetap Dijaga

Pembukaan Gladian Pemimpin Regu pramuka di MTsN 2 Sukoharjo oleh Bupati, Etik Suryani, Selasa (16/11/2021).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Kwartir Cabang (Kwarcab) Sukoharjo menggelar Gladian Pemimpin Regu (Dianpinru). Kegiatan yang bertempat di MTs Negeri 2 Sukoharjo tersebut dibuka oleh Bupati, Etik Suryani, Selasa (16/11/2021). Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati yang juga Ketua Kwarcab Sukoharjo serta pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Dianpinru sendiri digelar selama lima hari 16-20 November 2021.




Bupati menyampaikan, pandemi corona membuat kegiatan kepramukaan menjadi berkurang. Namun, melalui inovasi, ide-ide kreatif serta sistem kegiatan dapat membuat kegiatan kepramukaan tetap eksis dalam masa pandemi. Anggota Gerakan Pramuka harus mampu berperan sebagai agen perubahan perolaku dalam menangani pandemi corona.

“Atas nama Kwarcab Sukoharjo mengucapkan terima kasih kepada lembaha satuan pendidikan MTs Negeri 2 yang telah memfasilitasi kegiatan Kwartir Daerah Provinsi Jawa Tengah di Kwarcab Sukoharjo,” ujar Etik.

Lebih lanjut Etik mengatakan, dianpinru adalah salah satu usaha pelaksanaan prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan khususnya penggunaan sistem beregu dalam pasukan penggalang. Dianpinru sebagai sarana pemberian gladian atau latihan bagi pemimpin regu dan wakil pemimpin regu penggalang guna mengembangkan kepemimpinan, meningkatkan kecakapan, keterampilan, dan kemampuan dalam teknik kepramukaan, serta menanamlan kesadaran akan tugas dan kewajiban sebagai pemimpin regu atau wakil pemimpin regu.

Tujuan penyelenggaran gladian pemimpin regu (dianpinru) adalah agar pemimpin regu dengan dibantu oleh para wakil pemimpun regunanya mampu mengelola dan memimpin regunya, menyelenggarakan administrasi dan keuangan regunya, merencanakan, melaksanakan, dan mengadakan penilaian atas program kerja serta acara latihan dan kegiatan regunya. Juga, meningkatkan mutu kecakapan, keterampilan, dan kemampuan diri sendiri dan anggota regu.


Kegiatan tersebut merupakan langkah awal bagi Kwarcab Sukoharjo dalam penyelenggaraan kegiatan secara tatap muka. Hal ini berkat usaha maksimal dalam mengendalikan penyebaran corona. Tentunya dengan tatap muka tetap harus dijaga protokol kesehatan secara ketat karena pandemi belum berakhir.

“Tahun 2022 mendatang Kwarcab Sukoharjo akan menadakan lomba tingkat sebagai ajang Pramuka Penggalang untuk beradu keterampilan, fisik, dan mental dalam ajang perlombaan,” ujar Etik.

Sedangkan Ketua Panitia, Sriyono, menyampaikan bahwa kegiatan dianpinru tersebut merupakan program Kwartir Daerah Provinsi Jawa Tengah dan Kwarcab Sukoharjo tahun 2021. Kegiatan tersebut merupakan wahana pertemuan pemimpin regu se-kabupaten Sukoharjo untuk menambah persaudaraan, pengetahuan, keterampilan, dan patritisme dalam wadah satu kegiatan yang kreatif, rekreatif, inovatif, dan produktif.

“Kegiatan ini digelar pada 16-20 November 2021 bertempat di MTsN 2 Sukoharjo,” ujarnya.

Sriyono juga mengatakan, tema kegiatan tersebut adalah “Kini Penggalang Berkarakter, Esok Pemimpin Bermartabat”. Kegiatan diikuti 120 anak yang terdiri dari perwakilan pemimpin regu dan wakil pemimpin regu gugus depan SMP dan MTs se-Sukoharjo dengan materi sebanyak 20 macam. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *