Box Office: ‘The Whale’ yang Dibintangi Brendan Fraser Cetak Pembukaan Arthouse Terbesar Tahun Ini

Brendan Fraser dalam “The Whale”. (Foto: Variety)

Sukoharjonews.com – “The Whale” dari A24 mencetak gol di box office dalam rilis terbatas, menjadi akhir pekan pembukaan terbesar tahun ini untuk film arthouse. Film yang dibintangi oleh Brendan Fraser sebagai pertapa gemuk yang mencoba berhubungan kembali dengan putrinya, meraup USD360.000 hanya dari enam bioskop — diterjemahkan menjadi USD60.000 per layar.


Dilansir dari Variety, Minggu (12/12/2022), penjualan tiket tersebut merupakan rata-rata per bioskop tertinggi tahun 2022, serta terbesar kedua untuk rilis terbatas sejak dimulainya pandemi corona. Rata-rata layar teratas lainnya tahun ini adalah milik A24 “Semuanya Di Mana Saja Sekaligus (USD50.000) dan “The Banshees of Inisherin” dari Searchlight (USD46.000).

Ini juga merupakan debut rata-rata per-teater terbaik sutradara Darren Aronofsky sejak “Black Swan” tahun 2010, mengalahkan “Noah” tahun 2014 dan “Mother!” Namun, film-film tersebut dibuka secara nasional daripada rilis terbatas.

Penjualan tiket awal untuk “The Whale” sangat mengesankan karena, di masa corona, ini merupakan pasar yang sulit untuk indie. Sebagai perbandingan, rilis khusus lainnya, “Empire of Light” dari Searchlight, sebuah drama yang menyentuh dari sutradara Sam Mendes, runtuh dengan USD160.000 dari 110 tempat selama akhir pekan-rata-rata USD1.477 per lokasi.


Akhir pekan depan, “The Whale” akan ditayangkan di enam layar di New York dan Los Angeles. Untuk A24, ujian sebenarnya adalah apakah “The Whale” mampu mempertahankan momentum saat film tersebut berkembang secara nasional pada 21 Desember. Di masa pandemi, merupakan perjuangan menyeluruh bagi film-film arthouse untuk memberikan pujian kritis ke dalam kesuksesan arus utama.

Dalam hal perilisan tahun 2022, hanya satu indie, komedi kelam A24 yang membengkokkan garis waktu “Everything Everywhere All at Once”, yang berhasil menemukan kejayaan komersial, menghasilkan USD100 juta yang luar biasa secara global. Film-film terkenal lainnya yang kemungkinan akan masuk dalam perlombaan Oscar, seperti “Tár” (USD5,3 juta), “Triangle of Sadness” (USD4 juta) dan “Armageddon Time” (USD1,8 juta), gagal beresonansi dengan publik pembeli tiket yang lebih besar, meskipun awal yang menjanjikan dalam rilis terbatas.


“The Banshees of Iniherin” dari Searchlight (USD8,5 juta hingga saat ini), “The Fabelmans” dari Universal dan Steven Spielberg (USD7,3 juta hingga saat ini) dan “Till” (USD8,9 juta), adalah beberapa dari judul arthouse tahun ini yang berhasil mencapai pengembalian.

“Masih ada jalan panjang, tetapi sejauh musim ini, sebagian besar penonton tinggal di rumah untuk film penghargaan akhir tahun,” kata David A. Gross, yang menjalankan perusahaan konsultan film Franchise Entertainment Research.

Sejauh ini, “The Whale” tetap menjadi perbincangan sejak melakukan debut yang kuat di Festival Film Venesia, di mana Fraser yang emosional memulai tur ofensif pesonanya. Fraser, yang membintangi film tersebut bersama Sadie Sink dan Hong Chau, tampaknya menemukan dirinya dalam perlombaan aktor terbaik di Oscar. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *