Box Office: ‘Avatar: The Way of Water’ Raih Pendapatan USD 53 Juta di Hari Pembukaan

Avatar: The Way of Water. (Foto: Variety)

Sukoharjonews.com – Setelah bertahun-tahun pengembangan dan produksi, sekuel “Avatar” James Cameron telah mencapai hari penghakiman. Disney dan 20th Century Studios “The Way of Water” melesat di box office dengan pendapatan kotor USD53 juta yang solid dari 4.202 lokasi pada hari pembukaannya, angka yang mencakup USD17 juta dalam pratinjau hari Kamis.


Dilansir dari Variety, Minggu (18/12/2022), raihan tersebut menduduki peringkat keenam pendapatan kotor domestik hari pertama tertinggi tahun ini, lebih rendah dari yang diperoleh oleh “Doctor Strange in Multiverse of Madness” (USD90,7 juta), “Black Panther: Wakanda Forever” (USD84,2 juta), “Thor: Love and Thunder” (USD69,5 juta), “Jurassic World Dominion” (USD59,5 juta) dan “The Batman” (USD56,6 juta).

Capaian itu juga jauh lebih tinggi daripada hari pembukaan USD26,7 juta saat “Avatar” pertama mendarat pada tahun 2009, meskipun sekuelnya datang dengan manfaat pratinjau hari Kamis dan antisipasi bertahun-tahun.

Semuanya tertuju pada “The Way of Water” karena berharap untuk mendapatkan box office yang melimpah; tidak setiap akhir pekan bioskop menerima sekuel dari film berpenghasilan tertinggi yang pernah ada. Ketika “Avatar” pertama mendapatkan pembukaan domestik sebesar USD77 juta pada tahun 2009, banyak laporan yang tidak puas dengan penampilan awalnya, menunjuk pada proses produksi film yang sangat dimitologi dan kesuksesan box office Cameron yang superlatif dengan “Titanic” tahun 1997, yang saat itu merupakan pendapatan kotor tertinggi film yang pernah ada.


Namun, dengan subcharge format premium dan penahanan fenomenal yang diperpanjang beberapa bulan kemudian, “Avatar” tetap kuat, akhirnya menumbangkan “Titanic” untuk meraih rekor sepanjang masa.

Dengan persaingan yang sangat sedikit sepanjang liburan, “The Way of Water” berharap untuk melakukan lari blockbuster serupa dari mulut ke mulut. Film ini mendapat sambutan hangat dari beberapa kritikus tanpa dipuji dengan suara bulat, saat ini memegang peringkat persetujuan 73% dari kritikus top di situs agregat ulasan Rotten Tomatoes. Penonton umum tampaknya jauh lebih positif; film tersebut memperoleh nilai “A” melalui firma riset Cinema Score, menunjukkan persetujuan yang kuat di antara pembeli tiket putaran pertama.

Ini bukan hanya masalah melihat apakah film terbaru Cameron dapat sepenuhnya membenarkan anggaran produksinya yang dilaporkan sebesar USD350 juta (apalagi sesuai dengan kesuksesan finansial dari film-film sebelumnya). “The Way of Water” hadir pada saat para peserta pameran haus akan acara untuk menghidupkan bisnis selama liburan.


Total pendapatan kotor box office untuk tahun ini kemungkinan akan menyelesaikan penurunan yang mengkhawatirkan dari tingkat pra-pandemi yang terlihat pada tahun 2019. Dan setelah musim panas yang menguntungkan menampilkan berbagai hit, lalu lintas pejalan kaki teater telah menyusut selama musim gugur, dengan sedikit selain “ Black Panther: Wakanda Forever” benar-benar menarik perhatian banyak orang.

Mengenai topik itu, sekuel superhero tersebut sekarang menjadi film terlaris kedua tahun ini di box office Amerika, melampaui pendapatan kotor USD411 juta dari sesama entri Marvel “Doctor Strange in the Multiverse of Madness”. “Wakanda Forever” seharusnya menempati posisi kedua di tangga lagu domestik akhir pekan ini, memproyeksikan perolehan USD5 juta untuk menambah total pendapatan kotor Amerika Utara menjadi USD418 juta.

Film aksi liburan Universal “Violent Night” dapat bersaing dengan “Black Panther 2” untuk posisi kedua. Film ini juga memproyeksikan sekitar USD5 juta untuk akhir pekan, turun 42% dari penayangan sebelumnya. Total pendapatan kotor domestik sekarang mencapai USD30 juta untuk “Violent Night”.

“Strange World” Disney tampaknya menempati urutan keempat. Setelah menghasilkan sekitar USD510.000 pada hari Jumat, penjualan tiket domestik sekarang mencapai sekitar USD30 juta. Itu tetap menjadi kinerja yang membawa malapetaka untuk petualangan animasi, yang membawa anggaran produksi USD180 juta yang dilaporkan. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *