Besok, 45 Anggota DPRD Sukoharjo Periode 2019-2024 Dilantik

Kantor DPRD Sukoharjo saat ini di Jalan Veteran No 6. (Dok)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Anggota DPRD periode 2019-2024 akan dilantik di Gedung DPRD Jalan Veteran besok, Senin (9/9). 45 anggota DPRD yang dilantik merupakan representasi dari delapan partai politik yang berhasil menempatkan para kadernya di lembaga legislatif. Dari 45 anggota, 20 diantaranya berasal dari PDIP selaku pemenang, disusul Gerindra, Golkar, PKS, dan PAN masing-masing lima anggota. Kemudian PKB tiga anggota, dan Demokrat serta NasDem masing-masing satu anggota.



“Persiapan sudah selesai dan tinggal pelaksanaan pelantikan saja,” ujar Sekretaris DPRD Sukoharjo, Basuki Budi Santoso, Minggu (8/9).

Dikatakan Basuki, pelantikan sendiri mundur satu hari karena masa jabatan anggota DPRD periode 2014-2019 seharusnya berakhir 8 September 2019, hari ini. Namun, karena bertepatan dengan hari libur (Minggu), maka pelantikan anggota baru mundur sehari menjadi 9 September. Untuk pelantikan sendiri, Basuki mengaku sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp123 juta.

Disisi lain, sesuai aturan yang ada, legislator periode 2014-2019 akan menerima uang “pesangon” atau uang jasa pengabdian hingga Rp10 juta per orang. Uang tersebut tidak hanya untuk yang pensiun, tapi untuk semua anggota DPRD. “Anggaran untuk pembayaran uang jasa pengabdian tersebut sudah kami anggarkan sebesar Rp581 juta,” terang Basuki.

Basuki melanjutkan, setiap anggota DPRD rata-rata menerima uang jasa pengabdian Rp9 juta hingga Rp10 juta. Terkait uang “pesangon” tersebut, Basuki mengaku sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD. Dalam PP tersebut mengatur tentang uang jasa pengabdian tersebut. Uang jasa pengabdian tersebut diberikan sesuai dengan masa kerja masing-masing anggota DPRD.

Rinciannya, untuk masa bakti kurang dari atau sampai dengan satu tahun diberikan uang jasa pengabdian sebesar satu bulan uang representasi. Masa bakti sampai dua tahun diberikan sebesar dua bulan uang representasi dan seterusnya. untuk masa bakti anggota DPRD lima tahun diberikan uang jasa pengabdian sebesar lima bulan uang representasi atau maksimal enam bulan uang representasi. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.