Bersama Forkopimda, Bupati Mengikuti Upacara Detik-Detik Proklamasi Secara Virtual

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya dan pejabat Forkopimda saat mengikuti Upacara Detik-Detik Proklamasi HUT Kemerdekaan secara virtual, Senin (17/8/2020).

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya beserta istri Etik Suryani, Wakil Bupati Purwadi serta pejabat Forum Koordinasi Pimpinan daerah (Forkopimda) mengikuti Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Ke-75 secara virtual, Senin (17/8/2020). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Auditorium Gedung Menara Wijaya Lantai 10. Terlihat juga acara diikuti semua pejabat di lingkungan Pemkab Sukoharjo.



“Peringatan HUT Kemerdekaan Ke-75 tahun ini berbeda dengan tahun-tahun lalu karena berjalan di tengah pandemi virus corona,” ujar Bupati.

Menurutnya, semua kegiatan yang dilaksanakan tetap menerapkan protokol kesehatan. Seperti memakai masker, jaga jarak, serta rajin cuci tangan dengan sabun. Meski ditengah pandemi, ujar Bupati, masyarakat diimbau tetap menggelorakan semangat nasionalisme tanpa harus meninggalkan protokol kesehatan. Meski ditengah pandemi, masyarakat diharapkan tetap memaknai HUT Kemerdekaan dengan baik. Pasalnya, kemerdekaan didapatkan melalui proses panjang dan perjuangan tak kenal lelah oleh para pejuang dan pahlawan.

Tahun ini, Pemkab Sukoharjo meniadakan sejumlah kegiatan terkait HUT Kemerdekaan Ke-75 karena masih dalam situasi pandemi virus corona. Kegiatan yang ditiadakan masing-masing apel kehormatan dan renungan suci, pengukuhan anggota paskibraka, malam tirakatan, serenade/aubade, malam resepsi, gelar potensi daerah, malam hiburan rakyat, serta kirab pawai pembangunan.

Kabag Pemerintahan Setda Pemkab Sukoharjo, Ari Haryanto menyampaikan, meski banyak yang ditiadakan, masih terdapat sejumlag agenda yang tetap dilaksanakan dengan keterbatasan. Peringatan HUT Kemerdekaan dalam rangka untuk menanamkan kembali rasa nasionalisme kepada seluruh masyarakat serta mengenang kembali jasa-jasa yang telah dilakukan oleh para pejuang.

Upacara Detik-Detik Proklamasi HUT Kemerdekaan secara virtual di Gedung Menara Wijaya Lantas 10, Senin (17/8/2020).

Pada akhirnya, ujar Ari, kita lebih memahami arti dari sebuah kemerdekaan yang telah direbut dan mengisinya dengan pengabdian kepada bangsa dan negara secara lebih mulia dan terhormat.

“Tema Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020 adalah “Indonesia Maju”. Kegiatan yang tetap dilaksanakan antara lain gerakan kebersihan, perbaikan dan pengecatan gapura dan turus jalan, kanstin, pemasangan lampu hias, dan lainnya,” ujarnya.

Selain itu, ujar Ari, kegiatan yang telah dilaksanakan adalah Sidang Paripurna Istimewa DPRD pada 14 Agustus lalu. Setelah itu, Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi secara virtual oleh Bupati dan pejabat Forkopimda. Dilanjutkan dengan mengikuti Upacara Penurunan Sang Merah Putih yang juga secara virtual. Dua kegiatan terakhir dilaksanakan di Auditorium Gedung Menara Wijaya Lantai 10.

Ari juga mengatakan, terkait dengan kegiatan masyarakat sendiri, Pemkab Sukoharjo telah mengeluarkan imbauan agar tidak menggelar lomba-lomba, tirakatan dan kegiatan lainnya yang sifatnya pengumpulan massa. Semua itu diakukan dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *