Berperan Dalam Penanganan Corona, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Dapat Motor Dinas dari Pemkab

Ilustrasi.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Pemkab Sukoharjo memberikan penghargaan pada anggota Babinsa (Kodim) dan Bhabinkamtibmas (Polres). Penghargaan diberikan karena Babinda dan Bhabinkamtibmas dinilai banyak berperan dalam penanganan pandemi corona. Penghargaan tersebut berupa pemberian motor dinas untuk menunjang operasional. Motor dinas tersebut bersifat pinjam pakai karena motor menjadi aset Pemkab Sukoharjo.




“Rencanananya, motor dinas pinjam pakai untuk Babinsa dan Bhabinkamtibmas ini akan diserahkan oleh Bupati secara simbolis, besok,” terang Kabag Umum Setda Pemkab Sukoharjo, Feriyanti, Senin (8/11/2021).

Dikatakan Feriyanti, pengadaan motor dinas untuk Babinsa dan Bhabinkamtibmas tersebut dianggarkan Rp7,7 miliar dan dalam realisasinya terpakai Rp7,6 miliar. Anggaran tersebut digunakan untuk pengadaan 351 Yamaha Lexi. Jadi, ujar Feri, semua Babinsa dan Bhabinkamtibmas tiap desa dan kelurahan akan mendapatkan motor dinas ini.

Lebih lanjut Feriyanti menjelaskan, rincian dari 351 motor dinas tersebut masing-masing untuk Babinsa 187 unit motor yang terdiri dari 150 motor untuk Babinsa desa dan 34 motor untuk Babinsa kelurahan. “Khusus untuk kelurahan, ada dua Babinsa dan semuanya mendapatkan motor dinas. Karena di Sukoharjo ada 17 kelurahan maka untuk Babinsa kelurahan jumlah motornya 34 unit,” papar Feri.

Untuk Bhabinkamtibmas Polres, lanjut Feri, jumlahnya 167 unit motor sesuai dengan jumlah desa/kelurahan di Sukoharjo. Hal itu dikarenakan Bhabinkamtibmas di kelurahan jumlahnya hanya satu orang. Disinggung tentang nilai satu unit motor, Feri mengaku dengan anggaran yang disediakan, setiap motor Yamaha Lexi 120 cc senilai Rp21,841 juta.

“Karena motor dinas yang diberikan ini statusnya pinjam pakai, maka nanti platnya merah. Untuk distribusi ke masing-masing Babinsa dan Bhabinkamtibmas diserahkan ke institusi masing-masing,” ujar Feri.

Feri juga mengatakan, rencananya 351 unit motor tersebut akan dikirim nanti malam dan dikumpulkan di dua lokasi. Untuk Babinsa langsung dikirim ke Kodim sedangkan untuk Bhabinkamtibmas Polres dikirim ke Kelurahan Sukoharjo.(erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.