Beberapa Hal yang Perlu Disiapkan Menjelang Idul Adha

Hal yang perlu disiapkan menjelang idul-adha.(Foto:Baznas)

Sukoharjonews.com -Beberapa hal yang harus disiapkan menjelang idul adha. Upaya ini agar kamu bisa memaksimalkan momentum idul adha lebih baik dari tahun ke tahun. Euforia menyambut Idul Adha semakin terasa, dengan himbauan berkurban dan keberangkatan umat Muslim ke tanah suci dalam proses haji.


Dilansir dari Laznas, Kamis (13/6/2024), persiapan menjelang Idul Adha menjadi semakin penting untuk memastikan perayaan tersebut berjalan lancar dan khidmat. Nah, dibawah ini ada empat hal yang perlu dipersiapkan:

Persiapan Hewan Kurban
Menyediakan hewan kurban adalah aspek utama dalam merayakan Idul Adha. Sebelum hari raya tiba, umat Islam biasanya memilih, membeli, dan merawat hewan-hewan tersebut dengan baik. Proses ini melibatkan pemilihan hewan yang sehat dan sesuai dengan syarat-syarat agama, serta memastikan kesiapan finansial untuk membeli hewan tersebut.

Persiapan Spiritual
Idul Adha tidak hanya tentang berkurban, tetapi juga tentang meningkatkan keimanan dan ketakwaan. Oleh karena itu, menjelang hari raya, umat Islam melakukan persiapan spiritual. Ini termasuk meningkatkan ibadah, memperbanyak bacaan Al-Qur’an, dan memperdalam pemahaman tentang makna Idul Adha serta hikmah di balik penyembelihan hewan kurban. Pemahaman tersebut dapat diperdalam melalui kajian agama, diskusi, serta membaca buku-buku yang relevan.


Persiapan Keluarga dan Masyarakat
Idul Adha adalah momen untuk berkumpul bersama keluarga dan menjalin silaturahmi dengan tetangga serta masyarakat sekitar. Oleh karena itu, menjelang hari raya ini, persiapan juga dilakukan untuk menyambut tamu, mempersiapkan hidangan spesial, serta merencanakan kegiatan bersama keluarga dan komunitas, seperti acara doa bersama, takbir keliling, atau pembagian daging kurban kepada yang membutuhkan.

Persiapan Kebersihan dan Kesehatan
Dalam menjalankan ibadah kurban, menjaga kebersihan dan kesehatan sangatlah penting. Oleh karena itu, menjelang Idul Adha, persiapan juga dilakukan untuk membersihkan tempat penyembelihan hewan kurban, memastikan peralatan yang digunakan steril, serta memperhatikan kesehatan hewan kurban. Selain itu, umat Islam juga diimbau untuk menjaga kesehatan diri sendiri.

Oleh karena itu, menjelang Idul Adha ada empat hal yang harus dilakukan agar Idul Adha kamu dapat berjalan dengan lancar dan penuh khidmat. Hal tersebut seperti Persiapan berkurban, ibadah, silahturahmi, dan kebersihan serta kesehatan.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *