Banyak Aduan Jalan Rusak, Bupati Minta Masyarakat Bersabar Menunggu Lelang

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani saat melakukan sidak ruas Jalan Telukan-Parangjoro yang rusak parah beberapa waktu lalu. (Dok)

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Kerusakan jalan di Sukoharjo mulai bermunculan sebagai dampak musim hujan. Kondisi tersebut sudah dilaporkan ke Bupati melalui media sosial Bupati, baik WA maupun Instagram. Terkait kerusakan jalan tersebut, Bupati minta masyarakat bersabar dulu karena proses lelang tengah berjalan.




“Semua masukan jalan rusak sudah dimonitor. Pemerintah tidak bisa serta merta memperbaiki karena ada proses yang harus dilalui, seperti lelang dan administrasi lainnya,” jelas Bupati, Etik Suryani, Selasa (1/6/2021).

Dikatakan Bupati, jika semua proses selesai, jalan rusak pasti segera diperbaiki. Pada intinya, lanjut Bupati, infrastruktur jalan yang rusak akan jadi prioritas Pemkab Sukoharjo untuk diperbaiki. Bahkan, perbaikan jalan rusak sudah dianggarkan dan tinggal realisasi saja jika prosesnya sudah selesai.

Hal senada diungkapkan Kepala DPUPR Sukoharjo, Bowo Sutopo Dwi Atmojo. Menurutnya, jalan rusak yang muncul saat ini masuk dalam kategori pemeliharaan rutin. Saat ini, lanjut Bowo, proses pengadaan bahan materialnya sudah selesai dan minggu depan bisa dimulai perbaikan jalan-jalan yang rusak.

“Selama ini kendalanya memang di pengadaan bahan materialnya. Semua jalan, baik jalan poros desa, kecamatan, maupun kabupaten akan diperbaiki Begitu proses lelang selesai langsung “action” saja,” ujarnya.

Bowo mengakui sempat ada keterlambatan karena ada beberapa penyesuaian terkait Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD), Permendagri Nomor 77 Tahun 2020 tentang Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) dan refocusing anggaran. Jika tidak ada penyesuaian hal-hal tersebut, bulan-bulan ini biasanya sudah bisa melakukan perbaikan.

Jadi, ujar Bowo, ketika ada jalan rusak, DPUPR tidak bisa langsung mengerjakan perbaikan karena justru salah secara administrasi. DPUPR harus mengikuti prosedur yang ada, yakni lelang pengadaan bahan material seperti aspal dan lainnya. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed