Bantuan Modal Usaha Kembali Diberikan, Untuk 112 Peserta Pelatihan BLK, Masing-masing Rp1 Juta

Secara simbolis Bupati Sukoharjo, Etik Suryani menyerahkan bantuan modal usaha untuk peserta pelatihan BLK, Senin (14/11/2022).

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Bantuan modal usaha ekonomi produktif kembali disalurkan untuk 112 orang peserta pelatihan Balai Latihan Kerja (BLK). Bantuan sosial tersebut merupakan bantuan penanganan dampak inflasi 2022. Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani di Lantai 10 Gedung Menara Wijaya, Senin (14/11/2022).


Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Sukoharjo, Agustinus Setiyono menyampaikan bahwa 112 peserta BLK ini merupakan peserta pelatihan dari Kecamatan Gatak, Baki, dan Grogol. Sebelumnya mereka mengikuti pelatihan yang dilaksanakan di wilayah masing-masing. Tiap peserta pelatihan mendapat bantuan modal usaha Rp1 juta sehingga total bantuan mencapai Rp112 juta.

“Bantuan ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk menambah modal usaha agar bisa mandiri,” ujar Agus.

Dengan bantuan ini, ujar Agus, diharapkan peserta pelatihan bisa mandiri sesuai bidang masing-masing dalam pelatihan. Baik itu di bidang menjahit maupun tata boga. Bantuan yang diberikan merupakan stimulan modal usaha dalam rangka dampak inflasi 2022.

Sedangkan Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, menyampaikan jika bantuan tersebut merupakan tindak lanjut dari Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 134/PMK.07/2022 pasal 2 yang memberikan amanah bahwa dalam rangka mendukung program penanganan dampak inflasi, daerah menganggarkan belanja wajib perlindungan sosial yang pada ayat 2 huruf (b) digunakan untuk penciptaan lapangan kerja.

“Saya mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan penyerahan bantuan ini. Saya harap agar pemberian bantuan ini dapat digunakan sebagai modal usaha dalam mengembangkan wirausahanya. bantuan agar dapat dimanfaatkan dengan baik,” ujarnya.

“Bantuannya dimanfaatkan sebaik-baiknya nggih ibu-ibu, bantuan ini digunakan untuk mengembangkan usahanya. Jangan untuk belanja komsumtif, tapi untuk mengembangkan usaha,” pungkasnya. (cita septa/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *