Bangjo Proliman Sukoharjo Dipasangi Alat Canggih

    Pengendara berhenti di traffic light Proliman Sukoharjo, Senin (18/9).

Sukoharjonews.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo memasang Area Traffic Control System (ATCS) di sejumlah persimpangan padat arus lalu lintas. Alat canggih tersebut berfungsi untuk mengontrol nyala lampu traffic light.

Sekretaris Dishub Sukoharjo, Joko Waluyo mengatakan, dengan alat tersebut petugas tidak perlu turun ke lapangan untuk mengatur lampu traffic light. Artinya, pengaturan hanya cukup dilakukan dari ruangan monitor. Teknologi tersebut ki sudah terpasang di Simpang Lima (Proliman) Sukoharjo Kota, Bundaran Pandawa dan Simpang Empat Jalan Ir Soekarno (The Park) Solo Baru, Kecamatan Grogol.

“Ada tiga titik yang saat ini sudah terpasang ATCS,” katanya, Senin (18/9).

Menurutnya, jalur padat arus lalu lintas lain seperti di Jalan Solo-Yogyakarta tepatnya di Sanggung, Kecamatan Gatak termasuk titik penting. Hanya saja, kata dia, jalur tersebut, termasuk di simpang empat Kartasura merupakan jalan nasional sehingga menjadi kewenangan pemerintah pusat. “Kami tidak bisa asal pasang di sana. Untuk Tapi sudah dikomunikasikan dengan pemerintah pusat,” papar dia.

Dia menambahkan, pihaknya juga bakal mendapat bantuan alat serupa dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Hanya pihaknya pihaknya belum mendapat kepastian kapan alat tersebut turun. “Rencananya akan dipasang di simpang Carikan dan wilayah Bulog,” imbuhnya.

Joko Waluyo menambahkan, seluruh traffic light yang ada di Sukoharjo akan diganti dengan sistem ATCS ini secara bertahap. Karena pemasangan alat tersebut memerlukan biaya yang tidak sedikit. “Satu titik saja biayanya bisa mencapai ratusan juta,” katanya. (sofarudin)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *