‘Avatar: The Way of Water’ Memulai Box Office Internasional dengan USD15,8 Juta

Avatar: The Way of Water. (Foto: Variety)

Sukoharjonews.com – Film James Cameron yang telah lama tertunda “Avatar: The Way of Water” diluncurkan di box office internasional, mengumpulkan USD15,8 juta dari 15 pasar luar negeri pada hari pembukaan.
Disney, yang mendukung sekuel ambisius tersebut, mengatakan penjualan tiket 124% lebih tinggi dari “Avatar”, kira-kira 70% lebih tinggi dari “Top Gun: Maverick” dan 13% lebih tinggi dari “Jurassic World: Dominion”.


Dilansir dari Variety, Jumat (16/12/2022), meskipun “The Way of Water” diharapkan mencapai status blockbuster, itu mungkin jauh dari angka rekor di akhir pekan perdananya. Studio juga melaporkan bahwa pengembalian awal adalah 12% di belakang “Star Wars: The Force Awakens” dan 23% di belakang “Spider-Man: No Way Home” di pasar yang sebanding, dua tiang tenda baru-baru ini yang mencatatkan debut besar.

“Avatar: The Way of Water” menikmati awal terkuat di Korea dengan USD3,3 juta, diikuti oleh Perancis dengan USD2,9 juta, Jerman dengan USD2,5 juta, dan Italia dengan USD1,6 juta.

Menjelang hari pembukaan, “Avatar” membukukan angka pratinjau yang kuat (tidak termasuk dalam angka USD15,8 juta pada hari pembukaan), termasuk USD1,5 juta di Meksiko, USD1,3 juta di Australia, USD1 juta di Brasil, dan USD4,4 juta di seluruh Amerika Latin.


Di China, pasar yang sangat penting untuk “Avatar 2”, tayangan tingkat lanjut pada hari Rabu menyumbang USD2,6 juta (juga tidak termasuk dalam jumlah hari pembukaan) dari 1.688 pertunjukan yang sangat terbatas. Ada harapan bahwa bioskop China akan menghasilkan USD100 juta selama akhir pekan pertamanya.
Namun, gejolak corona di negara tersebut, serta penutupan teater (hanya 77% bioskop yang buka), telah membuat ekspektasi box office menjadi limbo. “The Way of Water” salah satu dari beberapa film Hollywood tahun ini memberikan akses untuk diputar di China, di mana film aslinya menjadi sensasi dengan USD261 juta.

Ada kepentingan yang sangat besar di box office internasional, di mana “Avatar” pertama menghasilkan lebih dari USD2 miliar — hampir 70% dari total pendapatannya. Ini membuka hari-dan-tanggal di setiap pasar utama selain Rusia. “Avatar 2” siap mengumpulkan setidaknya USD250 juta hingga USD350 juta secara internasional, dengan potensi penjualan tiket global mencapai USD400 juta hingga USD500 juta pada hari Minggu.


Di Amerika Utara, sekuel “Avatar” diproyeksikan menghasilkan USD150 juta hingga USD175 juta dalam debutnya. Di luar akhir pekan pembukaan yang kuat, “The Way of Water” perlu bertahan di bioskop hingga tahun baru untuk membenarkan keberadaannya, setidaknya secara finansial. Itu adalah formula kemenangan untuk “Avatar” pertama, yang memulai debutnya pada tahun 2009 dengan USD77 juta dolar yang solid namun tidak spektakuler di dalam negeri.

Tetapi film tersebut memiliki daya tahan yang tak tertandingi, dan penjualan tiket akhirnya naik menjadi USD760 juta di Amerika Utara dan USD2,92 miliar secara global, termasuk perilisan ulang berikutnya.

Sekuel “Avatar” dilaporkan menelan biaya USD350 juta, menjadikannya salah satu blockbuster termahal dalam sejarah. Ini juga berarti ambang kejayaan komersial adalah stratosfer. Cameron telah mengindikasikan bahwa itu perlu menjadi “film berpenghasilan kotor tertinggi ketiga atau keempat dalam sejarah” hanya untuk mencapai titik impas. Ada banyak hal yang mendukung “The Way of Water”, bukan hanya karena harganya yang selangit, tetapi juga karena ini adalah yang pertama dari tiga tindak lanjut yang direncanakan dalam seri futuristik Cameron yang luas. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *