Audiensi Dengan DPRD, Gerbang Budaya Inginkan Pembangunan Gedung Kesenian

Gerbang Budaya saat beraudiensi dengan DPRD Sukoharjo, Senin (20/9/2021).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Gerbang Budaya Sukoharjo (GBS) melakukan audiensi dengan DPRD, Senin (20/9/2021). Dalam audiensi tersebut, GBS menyampaikan sejumlah usulan pada DPRD dimana salah satunya adalah pembangunan gedung kesenian. GBS sendiri merupakan wadah untuk melestarikan, memberdayakan, dan menyelamatkan potensi seni budaya di Kabupaten Sukoharjo.




Audiensi tersebut ditemui langsung Ketua DPRD Sukoharjo, Wawan Pribadi, bersama sejumlah pimpinan dan Komisi 4. “Dalam GBS ini tidak hanya kesenian saja, melainkan ada 10 unsur didalamnya sehingga kami akan bersinergi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,” ujar Ketya GBS, Joko Ngadimin.

Dikatakan Joko, GBS menyampaikan sejumlah usulan ke DPRD, antara lain mengusulkan Pendopo Kawedanan Bekonang dijadikan ruang publik budaya berbasis ekonomi kreatif, mengusulkan pada Pemkab Sukoharjo untuk memberikan penghargaan pada mastro seni budaya dan tokoh penggerak seni budaya desa.

Selain itu, mengusulkan agar DPRD dan pemerintah agar melakukan upaya pelestarian, pemberdayaan, serta penyelamatan seni budaya dan peninggalan sejarah lokal untuk edukasi masyarakat, mengusulkan aagar Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban sebagai Pusat Kawasan Industri dan empu gamelan dan dijadikan destinasi wisata internasional gamelan terpadu dan menolak organisasi dan orang luar “mencaplok” potensi tersebut untuk kepentingan bisnis tanpa melibatkan masyarakat setempat.


Anggota GBS, Bambang Hermanto, juga menambahkan terkait pembangunan Gedung Kesenian. Menurutnya, selama ini Pemkab sudah mewacanakan pembangunan tersebut namun belum terealisasi hingga saat ini. “Jangan hanya janji-janji saja karena kami sebalau pelaku seni budaya sudah jenuh,” ujarnya.

Sedangkan Ketua DPRD, Wawan Pribadi mengapresiasi maksud baik Gerbang Budaya. DPRD juga mendukung upaya Gerbang Budaya untuk bersinergi dengan pemerintah khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. “Sebenarnya agenda Gerbang Budaya tinggal diselaraskan dengan dinas yang sudah punya agenda seni budaya selama ini,” ujarnya.

Terkait pembangunan Gedung Kesehatan, Kepala Disdikbud Sukoharjo, Darno mengatakan sebagian usulan dari GBS sudah masuk program kegiatan dinas. Menurutnya, dinas sudah memetakan potensi budaya yang bisa dikelola menjadi destinasi wisata. Seperti Desa Wirun, Desa Trangsan, Desa Ngrombo, dan Petilasan Keraton Kartasura.

“Terkait Gedung Kesenina, dinas sudah menyiapkan Taman Budaya Sukoharjo untuk menampung berbagai kegiatan seni dan budaya masyarakat Sukoharjo,” terangnya. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed