Asus ROG Phone 6D Series Resmi Diluncurkan: SoC Dimensity 9000 Plus, RAM LPDDR5x, Bluetooth 5.3

Asus ROG Phone 6D Ultimate. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Setelah teaser dalam beberapa hari terakhir, seri Asus ROG Phone 6D debut secara global. Jajarannya terdiri dari dua model, yakni ROG Phone 6D dan ROG Phone 6D Ultimate. Seperti yang disarankan oleh teaser dan bocoran, smartphone gaming baru dari Asus ditenagai oleh chipset andalan terbaru MediaTek, bukan Qualcomm. Mereka juga tiba dengan beberapa perubahan kecil.


Spesifikasi Asus ROG Phone Seri 6D
Dikutip dari Gizmochina, Selasa (20/9/2022), ROG Phone 6D dan ROG Phone 6D Ultimate memiliki SoC MediaTek Dimensity 900 Plus. Bagi yang belum tahu, ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro beberapa waktu lalu ditenagai oleh chip Qualcomm Snapdragon 8 Plus Gen 1.

Selanjutnya, perangkat yang lebih baru hadir dengan RAM LPDDR5x alih-alih RAM LPDDR5 tetapi penyimpanannya tetap sama (UFS 3.1). Namun, varian maksimal terbatas pada RAM 16GB dan 12GB untuk 6D Ultimate dan 6D, masing-masing. Sebagai perbandingan, 6 dan 6 Pro reguler dapat dicairkan dengan masing-masing hingga 16GB RAM dan 18GB RAM.

Model terbaru menawarkan konektivitas Bluetooth 5.3, bukan Bluetooth 5.2. Terakhir, 6D Ultimate memiliki slot di bagian belakang, yang dapat dibuka dan digunakan dengan aksesori AeroActive Cooler (termasuk dalam kotak) untuk menurunkan suhu. AeroActive Portal adalah nama resmi untuk sistem pendingin baru ini.

Dengan pengecualian perbedaan yang disebutkan di atas, seri ROG Phone 6D berbagi fitur yang tersisa dengan seri ROG Phone 6. Oleh karena itu, ia hadir dengan layar AMOLED 6,78 inci dengan resolusi 2448 x 1080 piksel, kecepatan refresh hingga 165Hz, sensor sidik jari dalam layar, dan perlindungan Corning Gorilla Glass Victus.

Asus ROG Phone 6D. (Foto: Gizmochina)

Ada sistem tiga kamera di bagian belakang yang terdiri dari sensor utama Sony IMX766 50MP, unit ultra lebar 13MP, dan kakap makro 5MP. Sementara bagian depan ponsel menampung penembak 12MP untuk selfie dan panggilan video.

Pilihan konektivitas termasuk SIM ganda, 5G, WiFi 6E, GNSS, dan NFC. Smartphone ini juga dilengkapi dengan peringkat IPX4, 2 x port USB Type-C, jack headphone 3.5mm, speaker stereo ganda, tiga mikrofon, dan layar ROG Vision di bagian belakang.

Mereka mem-boot Android 12 dan menawarkan ROG UI dan Zen UI. Asus menjanjikan dua pembaruan Android dan 2 tahun pembaruan keamanan. Last but not least, perangkat ini didukung oleh baterai 6.000 mAh dengan dukungan untuk pengisian kabel cepat 65W.

Harga dan Ketersediaan Asus ROG Phone 6D Series
Seri Asus ROG Phone 6D hadir dalam satu pilihan warna Space Grey. Ini akan dijual dengan label harga berikut di Inggris dalam beberapa minggu mendatang. Asus ROG Phone 6D dibanderol 799 Euro atau Rp12 jutaan dan Asus ROG Phone 6D Ultimate dibanderol 1.199 Euro atau Rp18 jutaan.

Perusahaan belum mengungkapkan harga di pasar lain. Namun, telah dipastikan bahwa kedua handset ini tidak akan dijual di Amerika Utara. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.