Asupan Lebih Sehat untuk Tingkatkan Kesehatan Otak

Asupan lebih sehat untuk kesehatan otak. (Foto: Freepik)

Sukoharjonews.com – Asupan nutrisi, baik berupa makanan atau minuman, berperan penting untuk menjaga keseimbangan metabolisme tubuh. Hal ini juga termasuk menjadi salah satu alasan meningkatkan kesehatan otak.


Demi mempertahankan kesehatan dalam jangka panjang, mulai perhatikan apa saja yang masuk dalam mulut. Tidak semua makanan sehat baik dikonsumsi. Oleh karena itu perlu diperhatikan dengan takaran yang tepat agar tidak memberikan dampak pada kesehatan.

Dilansir dari Psychology Today, Sabtu (28/1/2023, beberapa makanan perlu dikurangi intensitasnya untuk dikonsumsi agar keseimbangan asupan nutrisi dalam tubuh tetap terjaga. Tidak perlu khawatir, kamu bisa mengganti makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi dengan alternatif lain. Kenalan dengan makanan bernutrisi baik.


Ganti Daging Olahan dengan Ikan
Daging sangat baik untuk dikonsumsi, terutama bagi penderita anemia. Namun, ikan memiliki nutrisi jauh lebih baik untuk meningkatkan kesehatan otak. Daging olahan memberikan dampak kurang baik untuk fungsi otak ketika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Ganti nugget ayam, hot dog, atau olahan daging lain dengan makanan laut yang kaya dengan omega 3. Zat gizi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan otak pada anak-anak sekaligus menjaga kesehatan otak orang dewasa ini bisa membantu mencegah demensia.


Ganti Camilan Karbohidrat dengan Biji-bijian
Metabolisme dalam tubuh berjalan seimbang dengan kesehatan otak. Kesulitan dalam memanfaatkan glukosa sebagai bahan bakar bisa meningkatkan risiko penyakit Alzheimer yang bisa mengganggu kinerja sel neuron otak dan menyebabkan gangguan komunikasi serta disorientasi.

Pentingnya mengganti camilan karbohidrat, seperti kue dan kerupuk dengan biji-bijian atau kacang-kacangan. Ini sangat membantu meningkatkan kualitas otak dengan mengontrol gula darah. Almond, kacang mete, kenari, dan biji labu bisa menjadi camilan yang tidak kalah enak untuk dikonsumsi, dan pastinya bernutrisi.


Ganti Minuman Berenergi dengan Kopi Tanpa Pemanis
Selain makanan, menyelamatkan otak dari risiko penyakit di kemudian hari bisa dilakukan dengan mengganti minuman berenergi yang tinggi glukosa. Ini tentu juga bisa memberikan risiko terhadap kenaikan berat badan dan kurang seimbangnya sistem metabolisme tubuh.

Alih-alih mengonsumsi minuman berenergi untuk meningkatkan stamina atau memperbaiki mood, kamu bisa menggantinya dengan kopi tanpa pemanis. Selain membantu melepas dahaga, kopi juga meningkatkan daya ingat. (patrisia argi/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page