ASEAN Para Games Solo 2022, Indonesia Bidik Juara Umum dengan Target Minimal 104 Emas

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyampaikan berkekuatan 324 atlet di ASEAN Para Games 2022 Solo dengan target 104 medali emas untuk mewujudkan juara umum. (Foto:Putra/Kemenpora)

Sukoharjonews.com (Solo) – Sukses prestasi menjadi salah satu modal penting bagi Indonesia selaku tuan rumah di ajang ASEAN Para Games Solo 2022. Dengan kekuatan 324 atlet, kontingen Indonesia menargetkan 104 medali emas untuk mewujudkan juara umum.


Indonesia mengikuti 14 cabor yang dipertandingkan yakni para atletik, swimming, tenis meja, bulutangkis, blind judo, catur, sitting volleyball, CP Football, angkat berat, panahan, boccia, goalball, wheelchair basketball, dan wheelchair tennis.

Cabor atletik dan renang menyediakan medali emas terbanyak. Atlet Indonesia diharap dapat menunjukan kemampuan terbaiknya. Lumbung emas juga diharap dapat digali dari tenis meja dan bulutangkis yang menjadi andalan kontingen Indonesia.

Ketua NPC Indonesia Senny Marbun meyakini para atlet Indonesia di cabor tersebut bisa diandalkan. Dia bicara ASEAN Para Games 2017 di Malaysia. Kontingen Indonesia keluar sebagai juara umum dengan meraih 251 medali (126 emas, 75 perak, dan 50 perunggu).

Tambang emas itu mayoritas didulang dari atletik 40 emas dan renang (39 emas). Kemudian menyusul tenis meja (14 emas), bulutangkis (8 emas) serta angkat besi (7 emas).

“Jelas kami sudah melakukan persiapan yang matang. Bukan hanya di dua cabor tersebut tapi seluruhnya. Belum lagi dukungan dari pemerintah atau Presiden Jokowi yang selalu memberikan perhatian,” terang Senny Marbun dikutip dari laman Kemenpora, Selasa (26/7/2022)

Saat pengukuhan atlet, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengaku senang melihat motivasi para atlet begitu bergelora. Mereka bertekad berjuang dan menggapai medali yang didambakan.

“Target sudah jelas, yakni juara umum. Kami percaya dan berharap apa yang sudah diikrarkan, akan terealisasi. Karena kita di peringkat 43 dunia (hasil dari Paralimpiade 2020 Tokyo). Saya sepakat dengan hasil tangan dingin CdM (Andi Herman), yang membawa peringkat kontingen Indonesia meroket di Paralimpiade Tokyo,” kata Menpora Amali. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.