Apakah Nanas Menginduksi Persalinan? Simak Penjelasannya

Bahaya nanas untuk ibu hamil.(Foto:Parenting)

Sukoharjonews.com – Saran mengenai cara membantu memulai persalinan telah tersedia sejak lama, dan beberapa saran memiliki dukungan ilmiah yang lebih besar dibandingkan yang lain. Salah satu obat tradisional yang umum adalah bagi wanita hamil untuk makan nanas. Diperkirakan membantu mempercepat kontraksi dan mendorong leher rahim mengendur. Namun tampaknya tidak banyak bukti yang mendukungnya.


Dilansir dari WebMD, Selasa (27/8/2024), penelitian menunjukkan bromelain menyebabkan kontraksi rahim pada hewan tetapi hanya jika diterapkan langsung ke rahim. Bahkan dalam penelitian pada hewan, bromelain hanya menyebabkan kontraksi, bukan persalinan. Tidak ada tanda-tanda bahwa penggunaan bromelain dengan cara apa pun benar-benar mempercepat proses persalinan. Belum ada penelitian pada orang hamil.

Manfaat Nanas untuk Kesehatan
Meskipun nanas tidak mampu memulai persalinan, nanas masih merupakan sumber nutrisi yang sangat baik yang dapat membantu Anda dan bayi tetap sehat selama kehamilan . Kaya akan antioksidan seperti vitamin C, yang dapat membantu mengurangi peradangan selama kehamilan. Ini dapat membantu Anda dan bayi Anda tetap sehat selama proses berlangsung.

Nanas juga merupakan sumber folat yang baik. Para ahli kesehatan merekomendasikan agar ibu hamil mendapatkan setidaknya 600 mikrogram folat setiap hari untuk mendukung kesehatan bayinya. Satu cangkir nanas mentah mengandung hampir 30 mikrogram folat, menjadikannya cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak nutrisi penting ini.


Apakah Nanas Aman Selama Kehamilan?
Jika suatu makanan dikabarkan dapat memicu kontraksi atau bahkan persalinan, Anda mungkin khawatir makanan tersebut dapat menyebabkan persalinan prematur atau menjadi salah satu makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil .

Nanas aman dikonsumsi saat hamil.
Namun Anda mungkin ingin membatasi jumlah yang Anda makan. Spesies nanas yang paling umum di AS, Smooth Cayenne, memiliki kandungan asam yang tinggi. Sakit maag dan refluks asam sering terjadi saat hamil, dan makanan asam dapat memperburuk masalah ini.

Selain itu, terlalu banyak bromelain terkadang dapat menyebabkan diare atau kram , yang mungkin disalahartikan sebagai permulaan persalinan.

Nanas juga bisa memicu reaksi alergi pada beberapa orang. Jika Anda memiliki alergi lateks, Anda mungkin tidak ingin makan nanas apa pun. Orang yang alergi terhadap lateks seringkali juga alergi terhadap nanas. Itu dapat membantu Anda menghindari kemungkinan reaksi alergi saat Anda hamil.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *