Ragam  

Antisipasi Pemudik Lebaran, Pemkab Sukoharjo Siapkan Vaksinasi Booster

Ilustrasi.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Tahun ini pemerintah pusat membolehkan masyarakat melakukan mudik Lebaran dengan syarat sudah vaksin lengkap termasuk vaksin booster. Menyikapi hal itu, Pemkab Sukoharjo pn melakukan antisipasi dengan menyiapkan fasilitas kesehatan untuk selalu siap vaksin booster untuk pemudik.



“Sukoharjo ini merupakan salah satu daerah yang selalu jadi tujuan mudik karena banyak yang merantau. Jadi, sebagai antisipasi bagi pemudik yang belum vaksin booster, nanti disiapkan vaksinasi booster untuk pemudik,” jelas Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, Senin (4/4/2022).

Dikatakan Etik, meski sudah diatur pemudik harus vaksinasi booster, tidak menutup kemungkinan pemudik yang datang belum mengikuti vaksinasi booster. Pasalnya, masyarakat sudah dua tahun ini dilarang mudik oleh pemerintah sehingga mengalami euforia bisa mudik Lebaran.

Untuk itu, karena Sukoharjo menjadi daerah tujuan mudik, Dinas Kesehatan dan jajaran Puskesmas untuk menyiapkan vaksinasi booster untuk pemudik. Bupati juga meminta Satgas Corona tingkat kecamatan, desa hingga RT untuk aktif memantau wilayah masing-masing. Pemudik yang datang dan diketahui belum vaksin booster, langsung diarahkan ke failitas kesehatan untuk mengikuti vaksinasi booster.

“Nanti juga disedikan fasilitas jemput bola dengan mendatangi rumah pemudik untuk memberikan vaksinasi booster khususnya yang sudah lanjut usia,” ujarnya.

Etik juga mengaku sudah menginstruksikan para camat, kepala desa dan lurah untuk melakukan pemantauan dan pendataan terhadap pemudik. Sasarannya yakni jumlah, daerah asal dan status vaksinasi corona pemudik. Data tersebut nantinya akan dilaporkan ke Puskesmas disemua kecamatan dan diteruskan ke DKK Sukoharjo.

“Pemudik dan belum vaksin bisa langsung datang ke Puskesmas untuk ikut vaksinasi. Jadi, kalau bsia dengan kesadaran sendiri tidak perlu di-oyak-oyak,” tambah Bupati. (erlano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *