Ragam  

Antisipasi Longsor, Daerah Aliran Sungai Jadi Sasaran Penghijauan

Gerakan penghijauan dengan melakukan penanaman pohon secara massal. (Ilustrasi: Kanal.web.id)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Gerakan penghijauan dengan penanaman pohon secara massal dilakukan pada Minggu (23/12). Gerakan penanaman pohon difokuskan di daerah aliran sungai (DAS) dan juga wilayah perbukitan. Hal itu dilakukan sebagai salah satu upaya antisipasi longsor. Baik longsor tebing sungai maupun longsor di perbukitan. Kegiatan penanaman pohon sendiri dilakukan oleh sejumlah elemen masyarakat.

“Penghijauan dengan menanam pohon ini dilakukan oleh banyak pihak dan dilakukan di sejumlah lokasi yang berbeda,” terang Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo Bambang Darminto, Minggu (23/12).

Dikatakan Bambang, salah satu lokasi penanaman pohon adalah wilayah Desa Jatisobo, Kecamatan Polokarto. Total ada sekitar 10.000 pohon berbagai jenis seperti buah dan tanaman keras yang ditanam dengan melibatkan warga dan sejumlah pihak terkait. Penanaman pohon di Desa Jatisobo, Kecamatan Polokarto menitikberatkan pada pemulihan daerah aliran sungai. Hal itu dilakukan mengingat kondisi disekitar sungai sangat memprihatinkan.

Salah satu daerah aliran sungai paling disorot yakni disepanjang Sungai Bengawan Solo yang melintasi beberapa wilayah di Sukoharjo. Dibeberapa titik bahkan ditemukan kerusakan berupa tebing sungai longsor atau tergerus arus air karena tidak adanya penahan baik berupa perakaran pohon maupun talud pengaman. “Sungai juga jadi perhatian karena menjadi penyebab banjir. Butuh penanganan serius dari semua elemen masyarakat,” ujarnya.

Terpisah, Dandim 0726 Sukoharjo Letkol Inf Chandra Ariyadi Prakosa mengatakan, Kodim 0726 Sukoharjo rutin menyelenggarakan penanaman pohon dalam program penghijauan setiap tahun. Kegiatan digelar bahkan sampai ke tingkat Koramil dengan melibatkan masyarakat sekitar. Seperti sudah dilaksanakan dibeberapa titik di wilayah selatan Sukoharjo.

“Ada kemarin penanaman pohon massal di wilayah Kecamatan Tawangsari, Weru dan Bulu dalam program penghijauan memperingati Hari Juang Kartika,” ujarnya. (erlano putra)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments