Antisipasi Kepadatan saat Mudik Lebaran, Korlantas Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Ilustrasi. (Foto: NTMC Polri)

Sukoharjonews.com (Jakarta) – Dalam upaya mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas saat mudik Lebaran nanti, Korlantas Polri memastikan kesiapan rekayasa lalu lintas. Hal itu disampaikan oleh Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi.


Dikatakan Firman, pihaknya telah melakukan survei dan koordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan rekayasa lalu lintas apabila terjadi kepadatan dan kecelakaan di jalur mudik. Firman ingin pemudik nyaman dan amann, tehindar dari kemacetan maupum kecelakaan saat mudik maupun arus balik lebaran.

“Sesuai dengan arahan Bapak Kapolri, kami menyiapkan dengan matang segala rekayasa arus lalu lintas apabila terjadi kepadatan dan kecelakaan yang berdampak antrean panjang, baik di tol, arteri, dan jalur penyeberangan,” jelas Firman, dilansir dari laman Humas Polri, Kamis (16/3/2023).

Firman mengungkapkan, penempatan posko-posko mudik juga sedang dalam proses pematangan. Titik rawan kepadatan dan kecelakaan menjadi tolak ukur pertimbangan penempatan Posko mudik dan personel.


“Ini akan semakin kami matangkan mengingat berdasarkan survey Kemenhub, tahun ini akan ada 128,3 juta orang yang mudik,” katanya.

“Jadi, antisipasi kerawanan, titiknya di mana, jumlah Posko, ketersediaan anggota, sangat kami pikirkan dengan berkoordinasi bersama stakeholder terkait,” sambung Firman.

Korlantas juga telah melaksanakan survei ke beberapa ruas jalan Pantai Selatan Banten sampai dengan DIY, ruas jalan pantai utara Jakarta sampai dengan Semarang. Jalan Tol dari Jakarta sampai dengan Surabaya, serta ruas jalan menuju ke Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *