Ragam  

Angka Makan Ikan Masih Rendah, Sukoharjo Gencarkan Kampanye Gemarikan

Sekda Sukoharjo, Widodo saat menyerahkan paket makanan berbahan dasar ikan kepada siswa sekolah di SDN Nguter 01, Senin (3/10/2022).

Sukoharjonews.com (Nguter) – Angka makan ikan di Kabupaten Sukoharjo masih rendah diangka 22,3 kiligram per kapita. Angka tersebut masih dibawah angka di Jawa Tengah. Untuk itu, Pemkab Sukoharjo dalam hal ini Dinas Pertanian dan Perikanan gencar mengkampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) dengan sasaran anak usia sekolah. Seperti yang dilakukan di SDN Nguter 01 Kecamatan Nguter, Senin (3/10/2022).


“Kampanye Gemarikan akan terus digelar secara bergantian diseluruh wilayah di Kabupaten Sukoharjo melibatkan anak-anak, ibu hamil dan menyusui, stunting hingga lanjut usia,” jelas Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo, Bagas Windaryatno.

Menurutnya, Gemarikan digencarkan dalam upaya meningkatkan angka konsumsi ikan di Kabupaten Sukoharjo.
Kegiatan di di SDN Nguter 01 sendiri diawali dengan edukasi, senam bersama dan pembagian paket dari Pemkab Sukoharjo untuk siswa sekolah. Masing-masing paket berisi makanan siap santap ikan, susu dan makanan kecil dasar ikan yang dibagikan gratis.

“Gemarikan ini untuk meningkatkan derajat kesehatan anak anak kita. Kegiatan ini tidak hanya pada anak sekolah saja tapi juga ibu hamil dan menyusui, stunting,” ujarnya.

Sedangkan Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo, Widodo mengatakan, upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sudah tepat diawali dari anak-anak atau siswa sekolah. Usia dini tersebut penting sebagai pondasi berikutnya dengan memiliki tingkat kesehatan tinggi melalui pemenuhan gizi.

“Anak-anak menjadi penerus harus memiliki pondasi kesehatan. Salah satunya melalui Gemarikan ini yang terus digencarkan di sekolah dan masyarakat,” ujarnya.

Widodo juga mengatakan, Pemkab Sukoharjo sudah memberikan perhatian besar terkait kesehatan masyarakat. Salah satunya melalui Gemarikan dimana dibagikan paket gratis pada siswa sekolah. Makanan berbahan dasar ikan dan susu diharapkan ikut berperan meningkatkan konsumsi ikan.

“Kabupaten Sukoharjo memiliki potensi besar perikanan. Hal itu harus diimbangi dengan peningkatan konsumsi ikan di masyarakat. Termasuk anak-anak atau siswa sekolah. Ikan sudah tersedia di perairan dengan diberikan bantuan benih ikan,” ujarnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *