Anggota DPRD Hasil Pemilu 2019 Dilantik di Gedung DPRD Baru

Gedung DPRD Sukoharjo yang baru di Kelurahan Mandan. Rencananya, anggota DPRD hasil pemilu 2019 ini akan dilantik di gedung baru tersebut pada 8 September mendatang.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Gedung DPRD Sukoharjo telah selesai dibangun akhir tahun 2018 lalu. Gedung wakil rakyat yang dibangun di Kelurahan Mandan tersebut menghabiskan anggaran Rp39,299 miliar. Meski saat ini bangunan fisik sudah selesai, bangunan tersebut belum akan ditempati dalam waktu dekat ini. Rencananya, gedung wakil rakyat yang megah tersebut baru akan ditempati bersamaan dengan pelantikan anggota DPRD Sukoharjo hasil pemilu 2019.



“Meski sudah selesai dibangun, memang tidak langsung ditempati. Kami masih harus mengisi sarana dan prasana terlebih dahulu sebelum menempati,” ujar Sekretaris DPRD Sukoharjo Basuki Budi Santoso, Senin (4/2).

Dikatakan Basuki, sarana dan prasarana yang dia maksud adalah permebelan untuk ruang paripurna. Sekretariat DPTD tidak bisa memindahkan mebel di ruang paripurna saat ini karena desain ruangan di gedung yang baru berbeda. Untuk itu, mebel untuk ruang paripurna di gedung yang baru akan diadakan tahun ini dan diharapkan prosesnya selesai sebelum pelantikan anggota DPRD yang baru.

Basuki mengaku untuk mebeler ruang lainnya seperti ruang sekretariat, ruang komisi dan juga ruang fraksi akan memindahkan mebel yang ada di bangunan lama sehingga tidak perlu mengadakan yang baru. Terkait penempatan gedung DPRD bersamaan dengan pelantikan, ujar Basuki, hal itu sesuai kebijakan dari Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya.

“Jadi, beberapa waktu lalu kami sudah melaporkan pada Bupati terkait pembangunan Gedung DPRD. Dari pertemuan itu ada instruksi untuk penempatannya dibarengkan dengan pelantikan anggota DPRD yang baru,” terangnya.

Hal senada diungkapkan Ketua DPRD Sukoharjo Nurjayanto. Menurutnya, Gedung DPRD yang baru akan ditempati bersamaan dengan pelantikan. Menurutnya, untuk penempatan tersebut nantinya tinggal menyiapkan sarana prasarana khususnya untuk ruang paripurna karena memiliki desain yang berbeda.

Disinggung berakhirnya masa jabatan anggota DPRD saat ini, politisi dari PDI Perjuangan tersebut mengatakan, anggota DPRD periode 2014-2019 dilantik pada 8 September 2014. Untuk itu, masa berakhirnya jabatan tersebut sama dengan waktu pelantikan, yakni 8 September 2019. Untuk itu, pelantikan anggota DPRD periode 2019-2024 kemungkinan besar akan dilakukan pada 8 September mendatang.

“Rencananya memang seperti itu. Gedung DPRD yang baru akan ditempati bersamaan dengan pelantikan anggota DPRD yang baru. Semoga saja tidak ada perubahan,” ujarnya.

Seperti diketahui, Pemkab Sukoharjo membangun Gedung DPRD baru di Kelurahan Mandan dan sudah selesai akhir tahun lalu. Sedangkan gedung DPRD lama di Jalan Veteran akan dirobohkan untuk perluasan Gedung Budi Sasono. Gedung DPRD yang baru menempati lahan seluas 14.963 m2. Gedung baru DPRD tersebut dilengkapi fasilitas lift, taman, lahan parkir serta masjid. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments