Anda Sedang Stress Namun Tetap Ingin Berolahraga? Silakan Mencoba Olahraga Berikut

Olahraga pereda stress. (Foto: astronout)

Sukoharjonews.com – Stress adalah kondisi dimana seseorang merasa terganggu atau terancam akibat gangguan yang disebabkan oleh interaksi antara individu dengan lingkungan. Anda bisa saja mengalami stres karena konflik dengan keluarga atau pasangan, masalah keuangan, faktor pekerjaan atau penyebab lainnya.


Dikutip dari Honestdocs, pada Minggu (18/6/2023), ada banyak cara untuk menurunkan stress, salah satunya dengan berolahraga. Lalu apa hubungannya stress dengan olahraga? Olahraga adalah aktivitas yang melibatkan fisik, sedangkan stress berhubungan dengan kondisi mental seseorang. Oleh karena itu, simak beberapa olahraga yang dapat menghilangkan stress berikut:

1. Aerobik
Pada dasarnya setiap olahraga yang dilakukan dengan durasi lebih dari 4 menit secara terus-menerus dapat disebut sebagai olahraga aerobik, seperti berenang, berlari, menari dan bersepeda. Aerobik merupakan olahraga yang tujuannya meningkatkan denyut jantung. Ketika detak jantung mulai meningkat, tubuh Anda akan melepaskan endorfin yang mampu membuat Anda merasa lebih baik secara fisik dan mental.


2. Kickboxing
Kickboxing merupakan cara yang efektif untuk menurunkan stress. Dalam olahraga ini terdapat berbagai gerakan meninju dan menendang yang dilakukan dengan disiplin. Kickboxing secara teratur dapat meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas, dan koordinasi Anda. Melalui olahraga ini, Anda dapat mengatasi frustrasi dan melepaskan energi serta kemarahan sehingga mampu menurunkan stres.

3. Yoga
Salah satu olahraga penurun stress terbaik adalah yoga, karena melibatkan serangkaian gerakan peregangan, pernapasan, dan relaksasi. Bagi pemula, hatha yoga adalah model yoga yang cocok untuk menurunkan stres karena gerakannya mudah dilakukan dan berintensitas rendah.


4. Tai Chi
Hampir mirip seperti yoga, tai chi juga menggunakan unsur pernapasan. Meskipun tai chi berakar dari seni bela diri, olahraga ini mempunyai tujuan untuk menenangkan pikiran dan kondisi tubuh.

Selain itu, tai chi dapat membantu membangun kepadatan tulang, menurunkan tekanan darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan bahkan meringankan gejala kondisi seperti gagal jantung, radang sendi, dan fibromyalgia. Sehingga olahraga tai chi patut Anda coba untuk menurunkan stress.

5. Olahraga berkelompok
Salah satu cara terbaik menurunkan stress adalah dengan cara mengajak keluarga atau sahabat Anda untuk berolahraga bersama. Banyak olahraga yang bisa Anda lakukan bersama kerabat seperti sepak bola, bulu tangkis, bola basket, atau tenis. Anda tidak hanya menghabiskan waktu dengan orang terkasih, melainkan Anda juga berkeringat dan melepaskan endorfin.


6. Pilates
Pilates menggunakan konsep keseimbangan tubuh dan jiwa dalam gerakannya. Dengan prinsip pernapasan, relaksasi, konsentrasi, dan kesadaran tubuh, olahraga ini dapat menurunkan stres, memfokuskan pikiran, dan meningkatkan konsentrasi setelah latihan. Secara umum olahraga ini mirip dengan yoga.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *