Anda Punya Rematik, Simak Tips untuk Hidup Berdampingan dengan Rematik

Tips mengatasi rematik. (Foto: Halodoc)

Sukoharjonews.com – Mungkin ada saat-saat ketika gejala rheumatoid arthritis (RA) atau rematik Anda memburuk dan di lain waktu Anda merasa sehat. Tetapi Anda memiliki kekuatan untuk membantu diri sendiri mengelola rematik Anda setiap hari.


Dilansir dari Webmd, Kamis (22/12/2022) ada beberapa cara mudah untuk mengatasi reumatitoid atau biasa disebut rematik, agar tetap bisa beraktifitas dengan lancar. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukannya:

1. Jaga dirimu
Merawat diri sendiri dan tetap berada di atas penyakit adalah bagian besar dari pengobatan RA. Minumlah obat Anda sesuai petunjuk. Cobalah untuk tidak melewatkan dosis. Beri tahu dokter Anda tentang efek samping apa pun. Bicaralah dengan mereka atau apoteker Anda jika Anda memiliki pertanyaan.

Bahkan ketika rasa sakit dan kekakuan Anda tidak terlalu menjadi masalah, ikuti terus janji temu medis Anda. Periksa dengan dokter Anda dua sampai empat kali setahun.


2. Olahraga
Ketika Anda mengalami nyeri sendi dan kekakuan, Anda mungkin tidak ingin bergerak. Tetapi Anda harus berusaha untuk tetap seaktif mungkin. Ini sebenarnya membantu meringankan gejala Anda dan mencegah masalah jangka panjang.

Latihan untuk rematik biasanya meliputi:
• Peregangan.
Lakukan peregangan saat Anda mulai melakukan pemanasan. Lakukan peregangan saat Anda selesai untuk menenangkan diri.

• Latihan aerobik berdampak rendah.
Ini adalah latihan yang membuat jantung Anda kuat tanpa melukai persendian Anda. Berjalan, mengendarai sepeda, dan berenang adalah pilihan yang baik untuk penderita RA. Anda juga dapat mencoba mesin seperti sepeda statis atau treadmill.

• Penguatan.
Latihan-latihan ini membantu menjaga otot Anda tetap kuat. Anda mungkin menggunakan band resistensi yang memperkuat otot Anda dengan lembut. Anda juga bisa menggunakan bobot yang ringan.

Latihan yang lambat, lembut, mengalir seperti Pilates, tai chi, dan yoga membantu meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas Anda. Mereka bahkan dapat meringankan rasa sakit Anda.


3. Temui Terapis Fisik atau Okupasi
Mereka dapat membantu Anda menjadi lebih kuat dan lebih fleksibel. Dokter Anda dapat memberi Anda rujukan.

Terapis dapat menunjukkan cara teraman untuk menggerakkan tubuh Anda untuk tugas sehari-hari, seperti mengangkat kotak, untuk membantu melindungi persendian Anda. Mereka juga dapat mengajari Anda latihan untuk dilakukan di rumah dengan aman. Anda ingin membangun kekuatan, tetapi Anda tidak ingin berlebihan dan memicu gejolak.

4. Diet
Meskipun sudah banyak penelitian tentang diet dan rheumatoid arthritis , tidak ada bukti kuat bahwa diet khusus membantu.

Tapi selalu pintar untuk makan makanan yang seimbang dan sehat. Ini membantu melawan peradangan . Ikan seperti salmon, trout, tuna, dan sarden penuh dengan asam lemak omega-3 yang mengekang bahan kimia yang disebut sitokin, yang meningkatkan peradangan. Studi menunjukkan bahwa omega-3 dapat meredakan nyeri sendi dan mempersingkat waktu Anda mengalami kekakuan di pagi hari.


5. Jaga Berat Badan Sehat
Hampir dua pertiga orang yang menderita RA kelebihan berat badan atau obesitas . Mendapatkan berat badan yang lebih sehat dapat menyebabkan lebih sedikit komplikasi dan peluang remisi yang lebih baik .

Orang-orang yang menanggung beban paling merasakan ketegangan, seperti:
• Pergelangan kaki
• Lutut
• Panggul
• Punggung rendah
• Tulang belakang
• Kaki

Jika Anda memiliki kekhawatiran, bicarakan dengan dokter Anda. Anda mungkin ingin mendapatkan rujukan ke terapis yang berpengalaman membantu penderita RA. (patrisia argi/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *