Alokasi Kursi Berkurang, Persaingan Pemilu Legistif di Dapil 2 Sukoharjo Makit Ketat

Ilustrasi Pemilu 2024. (Foto: KPU)

Sukoharjonews.com – Ada perubahan alokasi kursi untuk pemilu legislatif (Pileg) tahun 2024 di Kabupaten Sukoharjo. Perubahan itu terletak di daerah pemilihan (dapil) 2 meliputi Kecamatan Weru, Bulu, dan Tawangsari. Jika dalam pemilu sebelumnya alokasi kursi dapil 2 sebanyak 8 kursi, dalam pemilu 2024 nanti berkurang menjadi 7 kursi.


Satu kursi yang hilang dari dapil 2 digeser ke dapil 3 yang meliputi Kecamatan Baki, Gatak, dan Kecamatan Kartasura. Pergeseran itu menyebabkan dapil 3 bertambah satu kursi dari sebelumnya 11 menjadi 12 kursi.

Berkurangnya satu kursi tersebut membuat persaigan di dapil 2 menjadi makin ketat. Perubahan alokasi kursi tersebut dibenarkan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo, Nuril Huda. Menurutnya, KPU Sukoharjo sebelumnya mengusulkan dua skema perubahan dalam Pemilu legislatif 2024.

“Usulan pertama adalah perubahan jumlah kursi Dapil Sukoharjo 2 meliputi Kecamatan Bulu, Weru, Tawangsari. Yakni mengurangi alokasi kursi dari delapan kursi menjadi tujuh kursi. Satu kursi dialihkan ke Dapil Baki, Gatak, Kartasura dari 11 kursi menjadi 12 kursi,” ujar Nuril, Senin (20/2/2023).


Untuk usulan perubahan kedua, yakni mengabungkan Kecamatan Baki dengan Grogol tidak didisetujui oleh KPU RI sehingga yang berubah hanya pergeseran alokasi kursi. Perubahan alokasi kursi DPRD ini di Dapil 2 ini tidak lepas dari pertumbuhan jumlah penduduk di Dapil 3 khususnya.

“Dasar perubahan jelas PKPU Nomor 6 Tahun 2023 tentang Dapil dan Alokasi Kursi Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dalam Pemilu 2024,” jelasnya.


Seperti diketahui, di tiga Kecamatan yang berada di Dapil 2 ini, utamanya Kecamatan Bulu dikenal sebagai daerah dengan perantauan terbanyak. Rata-rata warga Kecamatan Bulu merantau ke Jakarta dan daerah lainnya.

Dapil 1: Sukoharjo, Nguter, Bendosari : 11 Kursi
Dapil 2: Weru, Tawangsari, Bulu : 7 Kursi
Dapil 3: Kartasura, Gatak, Baki : 12 Kursi
Dapil 4: Grogol : 6 Kursi
Dapil 5: Polokarto, Mojolaban : 9 Kursi

Untuk dapil lainnya, Nuril mengaku tidak ada perubahan sehingga alokasi kursi DPRD masih sama dengan pemilu sebelumnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *