Alasan Kenapa Kemangi Bagus untuk Kesehatan

Manfaat daun kemangi untuk tubuh. (Foto: pexels)

Sukoharjonews.com – Kemangi adalah tanaman berwarna hijau dengan aroma yang khas. Karena aromanya, tanaman ini kerap menjadi pilihan bumbu makanan. Bahkan, tak sedikit orang menjadikan kemangi sebagai lalapan dengan berbagai macam makanan. Namun, tahukah Anda manfaat daun kemangi tak sebatas pendamping dan penyedap makanan saja?


Dikutip dari Healthshots, pada Minggu (31/3/2024), inilah alasan kenapa kemangi bagus untuk kesehatan:

1. Meningkatkan pencernaan
Memulai hari Anda dengan air tulsi mungkin baik untuk perut Anda. Ini membantu mengaktifkan enzim dan mengeluarkan racun dari tubuh Anda. Ini membantu meringankan gejala seperti gas, kembung, dan pencernaan.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Kekebalan yang kuat berarti tubuh Anda mampu melindungi Anda dari patogen berbahaya yang mencoba memasuki sistem Anda dan membuat Anda sakit. Kekebalan tubuh yang lemah dapat membuat Anda berisiko terkena infeksi dan penyakit. Anda bisa mengonsumsi tulsi saat perut kosong setiap hari untuk meningkatkan kekebalan Anda, kata Dr Chanchal Sharma. Itu dikemas dengan minyak esensial dan antioksidan yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit dan infeksi.


3. Meningkatkan Kesehatan Pernafasan
Kemangi mengandung sifat anti-inflamasi dan antimikroba, yang dapat membantu meringankan masalah pernafasan seperti asma, batuk dan pilek, kata sang ahli. Penelitian juga menemukan hubungan antara mengonsumsi kemangi dan meningkatkan kesehatan pernapasan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Ayurvedic , kemangi mengencerkan dahak dan efektif dalam mengobati bronkitis alergi, asma, dan penyakit paru-paru eosinofilik.

4. Mengurangi Stres dan Kecemasan
Mengelola kehidupan, pekerjaan, dan rumah dapat memicu stres dan kecemasan pada manusia. Ini telah menjadi masalah yang sangat umum saat ini. Anda dapat mencoba Tulsi untuk melawan stres dan kecemasan. Dr Sharma menjelaskan bahwa kemangi mengandung sifat adaptogenik yang membantu mengurangi stres dan kecemasan.

5. Mendetoksifikasi Tubuh
Detoksifikasi adalah pemurnian darah dan membuang semua kotoran darah di hati. Tulsi dapat membantu detoksifikasi tubuh Anda dan membantu Anda membersihkan tubuh dari kotoran, sehingga meningkatkan kesehatan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Ayurveda and Integrative Medicine menemukan bahwa tulsi mengandung senyawa fenolik dan sifat antioksidan yang membantu detoksifikasi tubuh Anda.


6. Menurunkan Kadar Gula Darah
Tulsi atau daun kemangi mungkin bermanfaat bagi penderita diabetes tipe-2 dan pradiabetes. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Functional Foods menemukan bahwa mengonsumsi tulsi dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah puasa dan mengurangi kemungkinan penyakit metabolik pada orang dewasa yang lebih tua.

Demikian beberapa penjelasan mengenai manfaat daun kemangi.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *