AEON STR 300 2022, Skutik ADV Crossover dari Taiwan, Cek Spesifikasi dan Harganya

AEON STR 300 2022 Grey. (Foto: Warungasep)

Sukoharjonews.com – Pabrikan dari Taiwan meluncurkan skutik Adventure Crossover, yakni AEON STR 300 2022. Pabrikan ini membidik segmen Maxi skutik adventure dengan menampilkan motor berdesain mengikuti trend dan ciri khas motor lokal yang ada. Seperti area dek rata, lubang tangki di depan dan juga suspensi belakang ganda.


Dikutip dari Warungasep, Senin (1/8/2022), nama AEON mungkin kurang popular ke luar negeri dibanding dengan Kymco dan SYM. Hal itu dikarenakan pabrikan yang punya nama lain Hongjiateng Motorcycle ini hanya memproduksi dan menjualnya secara domestik di Taiwan saja. Line up produk mereka didominasi skutik konvensional maupun skuter elektrik, ada juga motor sport komunter dan motor sejenis ATV.

AEON STR 300 ini menjadi produk baru yang hadir dengan tak hanya desain yang trendi dan juga fitur-fitur yang kekinian. Untuk desain, motor ini mengusung konsep motor adventure crossover dengan ciri khas moncong depan pakai duck fender atau paruh bebek ala motor petualang pada umumnya, yang terlihat futuristik dengan triple headlight yang berpadu dengan DRL yang sudah LED.

Secara keseluruhan motor ini terlihat sporty dengan lekukan serba tajam, proporsional dan compact dengan sumbu roda yang pendek dan juga body yang minimalis. Wind shiled tinggi, stang kemudi tinggi, jok tebal dengan rendah membuat motor ini lebih ergonomis. Selain itu, juga area dek rata tapi punya kapasitas tangki 12 liter yang siap diajak jarak jauh, walaupun terlihat kecil tapi bagasi dibawah jok-nya berukuran 32 liter sehingga bisa muat dua helm.

Untuk fitur, motor ini selain lampu serba LED, socket charger, smartkey system pakai remote dan rem ABS, motor skutik yang bisa dibilang pesaing Kymco DTX360 dan Honda ADV350 ini punya panel speedometer IPS 4,2 inch berwarna, dan bahkan bisa tekoneksi dengan aplikasi yang bernama Croxera 2 di smartphone, sehingga bisa memandu pengendaranya dengan Navigasi turn by turn, tampilan batas kecepatan dan pengingat kamera kecepatan, deteksi tekanan ban, dan indikator pesan pemanggil.

AEON STR 300 2022 Putih. (Foto: Warungasep)

AEON STR 300 2022 ini memiliki spesifikasi mesin 278,3cc 1 silinder berpendingin cairan. Sayangnya jika melihat website resminya, mereka tidak mengungkap berapa power dan torsi motor ini secara detail. Berikut ini spesifikasi AEON STR 300 2022:

– Tipe mesin: silinder tunggal berpendingin air empat langkah
– Rasio kompresi: N/A
– Perpindahan: 278.3cc
– Kapasitas tangki bahan bakar: 10L
– Tenaga kuda maksimum: N/A
– Torsi maksimum: N/A
– Berat kendaraan: 148kg (termasuk berat bahan bakar: 157kg)
– Tinggi Kursi: T/A
– Dimensi: 2.007 x 727 x 1.212mm
– Jarak sumbu roda: 1.430mm
– Suspensi: (depan) teleskopik 35mm (belakang) suspensi nitrogen ganda, preload stepless yang dapat disesuaikan
– Spesifikasi ban: MAXXIS R1N (depan) 120/70-13 (belakang) 130/70-13
– Sistem rem depan: 266mm + kaliper radial dual-piston satu arah, ABS
– Sistem rem belakang: 235mm + kaliper piston tunggal, ABS
– Mode transmisi: transmisi CVT

Nah, untuk harga, AEON STR 300 2022 ini dibanderol TWD 147.800 Yuan atau jika dikonversikan kedalam rupiah sekita Rp73,7 jutaan. Motor ini dijual dalam 3 pilihan warna diantaranya Aurora White, Star Copper Brown, dan Silver Diamond Grey. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.