Simak Trik Psikologis untuk Tingkatkan ‘Self Esteem’ Biar Nggak Gampang FOMO

Cara psikologis tingkatkan self-esteem. (Fptp : Freepik}

Sukoharjonews.com – Tahun 2023 ini jadi tahunnya para artis mancanegara datang ke Indonesia. Dari artis Korea Selatan hingga grup musik Coldplay yang siap tampil di Indonesia pada 15 November 2023. Fans setianya sudah pasti siap berburu tiket jauh sebelum konser digelar. Namun di antara fans, ada juga orang yang nimbrung membeli tiket karena gengsi dan takut ketinggalan tren.


Dilansir dari American Psychological Association (APA), Kamis (25/5/2023), Ilmu psikologi menyebut berbagai kekhawatiran tersebut dengan istilah FOMO (Fear of Missing Out). Berikut tips yang dirangkum dari The Berkeley Well-Being Institute untuk bantu tingkatkan self esteem kamu biar nggak gampang FOMO.

1. Punya Ketegasan untuk Diri Sendiri
Self esteem berbicara tentang seberapa tinggi dan cara seseorang menilai dirinya berharga atau penting. Semakin ia menilai dirinya penting, maka rasa percaya dirinya makin tinggi dan kecemasannya berkurang.

Biasanya orang jadi cemas dan nggak tegas dalam memilih sesuatu karena ‘nggak enakan’ dengan orang terdekat seperti sahabatnya. Ketika Beauties punya agenda khusus seputar hobi yang ingin dilakukan, kamu wajib mengutarakannya pada temanmu dengan apa adanya. Termasuk berani menolak ajakan teman untuk menonton konser, kalau kamu memang nggak tertarik dengan hal itu.

Kekompakan sama sahabat, nggak berarti wajib mengikuti semua aktivitas berbarengan bukan? Kamu bebas dan berhak tegas menentukan batasan tentang aktivitas apa saja yang mau kamu ikuti atau tidak.


2. Jujur dan Jadi Apa Adanya dengan Hal yang Kamu Sukai
Nggak ada suatu hobi yang lebih baik dari hobi lainnya. Semua punya keunggulannya masing-masing. Berlatih jujur dan jadi apa adanya akan membuatmu tidak mudah terbawa arus untuk ikut-ikutan trend apalagi gengsi dan cemas jika tidak melakukan aktivitas yang sedang viral.

Menonton konser misalnya. Kamu nggak harus memaksa diri kamu yang lebih suka bermain game untuk jadi orang lain yang senang nonton konser, hanya karena saat ini menonton konser musik memang sedang viral. Tapi sah-sah saja kalau kamu sekadar ingin tahu sekilas tentang tren itu tanpa memaksa dirimu berubah dan menyukai sesuatu di luar minatmu.


3. Pilihanmu adalah Tanggung Jawabmu
Selalu ada risiko dari setiap pilihanmu. Saat menentukan akan ikut kursus make up, pastinya kamu perlu bayar biaya kursus. Tapi kamu dengan senang hati menjalankannya kalau itu merupakan hobi dan kebutuhanmu.

Tapi saat kamu diajak sahabat untuk nonton konser, tapi nggak terlalu berminat dengan itu, sebaiknya kamu berpikir lagi tentang apa sebenarnya tujuanmu nonton konser.Apakah karena kamu senang? Atau takut kalau temanmu meledek kamu nggak gaul?

Daripada kamu bosan ikut hal yang nggak kamu minati, terbebani dengan sejumlah uang yang perlu kamu keluarkan untuk membeli tiket, kamu wajib mempertimbangkannya. Tapi jangan terpengaruh komentar orang lain dan nggak perlu menyalahkan orang lain atas pilihanmu sendiri.


4. Fokus Mengenal Diri dan Terima tentang Dirimu
Salah satu tanda orang memiliki self esteem yang baik, ketika berhasil menerima dirinya apa adanya. Penerimaan diri nggak hanya bicara tentang kelebihan dan kekurangan, tapi tentang hobi kamu. Saat kamu punya hobi yang berbeda dari pertemananmu, seperti nggak suka nonton konser tapi lebih senang bermain game online, maka kamu nggak perlu memaksa diri ikut membeli tiket konser hanya karena takut ketinggalan tren dan cemas ditinggal oleh teman-temanmu.

Menolak untuk nonton konser karena kamu nggak berminat dengan hal itu, nggak akan merusak hubunganmu dengan sahabatmu, Beauties. Punya hobi yang berbeda dari orang lain, bukan berarti kamu nggak keren. Kamu perlu menyadari dan menerima kalau memiliki minat yang beda itu sangatlah wajar.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *