Lima Ribu Penonton Ramaikan Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Mangkunegaran

Penonton ramaikan festival musik dan kuliner laras hati mangkunegaran

Sukoharjonews.com – Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Mangkunegaran di lapangan atau Pamedan Pura Mangkunegaran pada Minggu, 12 Maret 2023, sukses menghibur lima ribu pengunjung. Para penonton menikmati alunan lagu-lagu di Lapangan Pura Mangkunegaran yang merupakan salah satu destinasi wisata utama di Kota Solo, Jawa Tengah.


Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Mangkunegaran ini adalah bagian dari rangkaian puncak perayaan Hari Jadi atau Adeging Pura Mangkunegaran sepanjang Maret 2023. Bulan ini, Pura Mangkunegaran berusia 266 tahun.

Selain festival musik dan kuliner, ada juga lomba lari Mangkunegaran Run in Solo digelar pada Minggu pagi, 12 Maret 2023, yang menambah kemeriahan perayaan Adeging Pura Mangkunegaran. Lomba lari dengan kategori, 5, 10, dan 21 kilometer ini diikuti 2.500 pelari dari berbagai kota.


Sementara itu, dari panggung Festival Musik, sederet musisi terbaik negeri seperti RAN, Marion Jola, dan Vina Panduwinata memeriahkan pesta ulang tahun Pura Mangkunegaran. Ada pula grup musik Diskoria, penyanyi Brigitta Hardi bersama Paduan Suara Mahasiswa Voca Erudita Universitas Sebelas Maret Surakarta, pelantun lagu keroncong Endah Laras, serta penampilan spesial Tribute to Didi Kempot.

Selain lantunan musik, para pengunjung juga menikmati aneka sajian dan minuman di Festival Kuliner. Ada 10 menu favorit keluarga Mangkunegaran yang ikut disajikan di Festival Kuliner, di antaranya sate kere Yu Marni, nasi liwet Bu Par, es dawet Bu Dermi, dan nasi langgi Mak Nyus. Selain itu, ada lebih dari 60 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ikut meramaikan festival kuliner yang berlangsung sejak 11 Maret 2023 dengan menu makanan andalan mereka. Jumlah pengunjung festival kuliner tercatat lebih dari 10.000 pengunjung selama 2 hari.


Pemimpin Pura Mangkunegaran, Sri Paduka Mangkoenagoro X, mengatakan Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Mangkunegaran digelar sebagai perayaan bersama hari jadi ke-266 Pura Mangkunegaran yang jatuh pada 17 Maret 2023. “Rangkaian acara Adeging Pura Mangkunegaran merupakan jembatan untuk memperkenalkan budaya yang kita banggakan kepada masyarakat kotakota lain di Indonesia hingga ke mancanegara,” tuturnya.

Menurut Sri Paduka Mangkoenagoro X, kesuksesan Pura Mangkunegaran bertahan selama 266 tahun sejak didirikan pada 1757 tidak terlepas dari dukungan segenap masyarakat Kota Solo maupun masyarakat Jawa dan Indonesia. “Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Mangkunegaran adalah perayaan kita bersama,” katanya.


Ketua Penyelenggara Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Mangkunegaran, Marah Andikha, mengatakan Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Mangkunegaran ini sukses diselenggarakan dengan memadukan artis lintas generasi ke atas panggung. “Penyelenggaraan event ini bukan hanya untuk menghibur para penonton, juga sebagai ruang bagi UMKM untuk bangkit setelah pandemi Covid-19,” ujarnya.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *