Dikunjungi Wamen Ketenagakerjaan, PT Sritex Nyatakan Banding Atas Vonis Pailit

Wamen Ketenagakerjaan, Immanuel Ebenezer Gerungan saat mengunjungi PT Sritex di Kabupaten Sukoharjo, Senin (28/10/2024).

Sukoharjonews.com – PT Sri Rejeki Isman Tbk (PT Sritex) mendapat kunjungan Wamen Ketenagakerjaan, Immanuel Ebenezer Gerungan, Senin (28/10/2024). Dalam kesempatan itu, Presdir PT Sritex, Iwan Kurniawan menyampaikan PT Sritex mengambil langkah hukum mengajukan banding atas putusan pailit Pengadilan Negeri (PN) Semarang.

Dalam kesempatan itu, Wawan-sapaan akrab Iwan Kurniawan-tidak membantah jika Sritex mengalami kesulitan membayar hutang tepat waktu. Untuk itulah Sritex mengajukan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).

“Prosesnya panjang PKPU ini. Kemudian ada perjanjian homologasi atau pengajuan pembayaran utang dalam hal ini penjadwalan ulang waktu pembayaran. Semua perjanjian perdamaian antara Sritex dengan kreditur sudah disahkan oleh Pengadilan Negeri,” ungkap Wawan.

Namun, lanjut Wawan, ada mitra yang mengajukan gugatan homologasi tersebut dan dikabulkan oleh PN Semarang hingga Sritex dinyatakan pailit. Terkait vonis itu, Wawan minta semua karyawan tetap tenang karena Sritex tetap beroperasi normal.

“Seluruh karyawan tidak ada yang mengalami keterlambatan pembayaran gaji. Soal efisiensi memang dilakukan, namun semua itu dilakukan karena keputusan bisbis. Bukan karena kebangkrutan kita (Sritex),” tandasnya.

Wawan juga bersyukur selama lebih dari 58 tahun keberadaan Sritex dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar. Wawan juga mengucapkan terima kasih atas atensi pemerintah dengan kehadiran Wamen di Sritex.

“Yang pasti, langkah hukum yang kita lalui saat ini adalah mengajukan banding agar mencabut dan membatalkan vonis PN Semarang. Kami menangani masalah ini dengan serius,” ujarnya.

“Sritex adalah sawah ladang kita bersama. Sritex bukan hanya untuk perusahaan saja tapi juga untuk masyarakat sekitar,” sambungnya.

Wawan menambahkan, fokus Sritex adalah terus beroperasi dan tidak ada niatan untuk menutup pabrik. Wawan juga meminta semua karyawan untuk tenang dan tidak terprovokasi dengan isu-isu yang ingin memecah belah Sritex.

“Kami akan berjuang hingga titik darah penghabisan,” tandasnya.

Sedangkan Wamen Ketenagakerjaan, Immanuel Ebenezer Gerungan, menyatakan kehadirannya ke Sritex merupakan bentuk kehadiran pemerintah terkait masalah yang dihadapi Sritex. Menurutnya, kabar tentang vonis pailit yang menimpa Sritex membuat terkejut Presiden Prabowo Subianto hingga akhirnya meminta dirinya datang ke Sritex.

“Saya ingin Sritex tetap semangat. Tadi Pak Wawan bilang Sritex adalah rumah kedua bagi puluhan ribu karyawan dan dikatakan tabu ada PHK,” ujarnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *