Selain Dapat Redakan Demam Berdarah, Ini Manfaat lain Daun Pepaya

Manfaat daun pepaya.(Foto:Alodokter)

Sukoharjonews.com – Soal pepaya, ternyata bukan hanya buahnya saja yang memiliki khasiat baik bagi kesehatan, melainkan daunnya juga. Untuk itu, pada artikel berikut kita akan menyimak bersama apa saja manfaat daun pepaya tersebut.

Dilansir dari Honestdocs, Rabu (16/10/2024), pepaya berasal dari Amerika Utara, khususnya wilayah Meksiko. Akan tetapi hingga kini, tanaman yang bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 30 meter tersebut sudah menyebar keberadaannya di daerah tropis. Dan berikut adalah daftar manfaat daun pepaya.

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan
1. Meredakan gejala demam berdarah

Bila Anda mengalami berbagai gejala umum seperti demam, munculnya ruam pada kulit, nyeri sendi, otot, bahkan sakit kepala, maka kemungkinan besar Anda terserang demam berdarah.

Gejala berbahaya lain yang disebabkan oleh virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes ini biasanya meliputi turunnya jumlah trombosit dalam darah hingga pendarahan. Hal ini membuat demam berdarah merupakan salah satu dari sekian penyakit yang mematikan.

2. Anti-malaria
Rasa daun pepaya yang pahit sangat efektif untuk menyingkirkan malaria dari dalam tubuh seseorang. Jadi Anda disarankan minum jus daun pepaya bila sampai terkena penyakit ini.

3. Menyehatkan kulit
Kandungan vitamin A, E, dan C pada daun pepaya ternyata lebih tinggi ketimbang buahnya. Hal ini menyebabkan khasiat daun pepaya dapat mengusir berbagai gangguan kulit seperti jerawat, kerutan, dan pigmentasi berlebih.

4. Menangkal infeksi virus
Lagi-lagi manfaat daun pepaya yang satu ini disebabkan kandungan vitamin A, C, dan E yang berjasa untuk mendongkrak sistem kekebalan tubuh.

5. Meredakan sakit haid
Untuk mengurangi sakit saat haid, didihkan selembar daun pepaya bersama asam dan garam, lalu minum airnya.

6. Menyembuhkan emphysema
Emfisema merupakan salah satu penyakit mematikan yang juga bisa dicegah dan disembuhkan oleh daun pepaya. Untuk mencegah gangguan medis ini, tubuh perlu asupan vitamin D yang cukup, dan daun pepaya bisa menjawab kebutuhan itu.

7. Agen detoksifikasi
Terutama bila diminum sebagai jus, manfaat daun pepaya adalah sebagai agen-detoksifikasi berkat kandungan karpainnya yang mampu mencegah pertumbuhan mikroorganisme ataupun toksin lain dalam tubuh.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *