Bisakah Alzheimer dan Demensia Dicegah? Simak Berikut Ini

Mencegah alzaimer.(Foto:Halodoc)

Sukoharjonews.com – Penyakit Alzheimer merupakan salah satu masalah terbesar yang dialami banyak dari kita seiring bertambahnya usia. Pikiran untuk mengidap Alzheimer atau jenis demensia lainnya bisa menjadi hal yang menakutkan, terutama jika Anda menyaksikan orang yang Anda cintai terkena penyakit tersebut.

Dilansir dari Help Guide, Sabtu (21/9/2024),penelitian yang menjanjikan menunjukkan bahwa ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengurangi risiko timbulnya gejala penyakit Alzheimer dan demensia lainnya, atau memperlambat proses kemunduran jika Anda telah didiagnosis.

Dengan mengidentifikasi dan mengendalikan faktor risiko pribadi Anda dan membuat perubahan gaya hidup yang sederhana namun efektif, Anda dapat memaksimalkan peluang kesehatan otak seumur hidup dan mempertahankan kemampuan kognitif Anda lebih lama.

Alzheimer adalah penyakit kompleks dengan berbagai faktor risiko. Beberapa faktor, seperti usia dan genetika, berada di luar kendali Anda. Namun, ada tujuh pilar gaya hidup sehat otak yang berada dalam kendali Anda:

  • Olahraga teratur
  • Keterlibatan sosial
  • Diet sehat
  • Stimulasi mental
  • Tidur berkualitas
  • Manajemen stres
  • Kesehatan pembuluh darah

Para ahli kini percaya bahwa risiko Alzheimer tidak terbatas pada usia lanjut, tetapi sebenarnya dapat dimulai di otak jauh sebelum gejalanya terdeteksi, sering kali pada usia paruh baya. Itu berarti tidak ada kata terlalu dini untuk mulai menjaga kesehatan otak Anda.

Semakin Anda memperkuat ketujuh pilar dalam kehidupan sehari-hari, semakin lama dan kuat otak Anda akan tetap bekerja. Anda juga akan lebih mampu mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer dan jenis demensia lainnya, atau menunda timbulnya gejala yang lebih parah.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *