8 Kebiasaan ini Dianggap Bisa Bikin Rencana Dietmu Gagal Total

Kebiasaan yang bikin diet gagal total . (Foto : Pixabay)

Sukoharjonews.com -Meraih tubuh ideal adalah impian setiap orang. Untuk meraihnya kita perlu usaha keras. Terkadang sebagian dari mereka merasa sulit untuk mendapatkannya, mungkin karena sudah terbiasa menikmati kudapan atau minuman manis.


Dilansir dari Women on Top, Jum’at (24/2/2023), pelatih fitnes profesional, membagikan kebiasaan sehari-hari yang ternyata dapat membuat diet dan penurunan berat badanmu gagal, simak ulasan berikut!


Suka Ngemil
Yang suka ngemil harus berhati-hati, karena ketika mengemil, kamu berisiko tidak mencatat seberapa banyak kalori yang dikonsumsi, sehingga mengakibatkan kamu menikmatinya secara berlebihan. “Tidak peduli apakah itu dianggap makanan ‘sehat’ atau ‘tidak’ , terlalu banyak mengemil bisa menjadi kebiasaan buruk,” jelas Brady.

Brady pun menyarankan, agar dapat mengontrol jumlah kalori yang dikonsumsi sepanjang hari dan mengurangi porsi makan berlebih.

Melewati Waktu Makan
Melewati waktu makan, dapat membuat tubuh kelaparan dan akhirnya kalap memakan apa saja. Brady menambahkan, “selain itu kamu cenderung membuat pilihan makanan yang buruk karena kelaparan. Seperti mampir di restoran cepat saji, karena itulah pilihan tercepat untuk mendapatkan makanan.”


Minuman Tinggi Gula
Rasanya mengikuti kemajuan zaman seperti saat ini, minuman yang tinggi akan gula sudah merajalela. “Mengonsumsi terlalu banyak gula tidak hanya menyebabkan penambahan berat badan, tetapi dapat memperlambat metabolisme tubuh,” jelas Brady.Jika kamu ingin dietnya berhasil, maka batasilah hingga hentikan kebiasaan mengonsumsi minuman yang mengandung gula terlalu banyak.

Kurang Tidur
Seseorang yang memiliki waktu tidur kurang berisiko tinggi mengalami kenaikan berat badan. Brady menjelaskan ketika seseorang kurang waktu istirahat, tubuh akan kehilangan keseimbangan hormonal dan dapat memicu nafsu makan yang tinggi.


Olahraga Berlebih
Berolahraga adalah kunci meraih tubuh ideal. Tetapi, untuk melakukan olah raga, harus diimbangi dengan nutrisi yang masuk. Menurut Brady, 20% penurunan berat badan berdasarkan pada apa yang kita lakukan, seperti olah raga dan 80% pada apa yang kita konsumsi.

“Hanya sebagian kecil kalori yang Anda bakar sepanjang hari berasal dari olahraga. Oleh karena itu, untuk menurunkan berat badan, kamu harus fokus pada nutrisi dan konsumsi kalori,” papar Brady.

Stres Berlebihan
stres dapat meningkatkan berat badan. Pasalnya hormon kortisol dan adrenalin jadi meningkat. Hormon kortisol dapat meningkatkan nafsu makan seseorang jadi berlebih, di samping itu hormon ini dapat menghambat metabolisme tubuh.

Ketika sedang mengalami stres, cobalah sejenak untuk lebih tenang, mendengarkan musik, mengatur napas, serta beribadah. Cara ini dapat membantu Untuk menjadi lebih tenang dan menahan keinginan makan lebih banyak.


Jarang Konsumsi Air Putih
Mengonsumsi air putih akan membantu penurunan berat badan. Alasannya karena dapat mencerna makanan dan menyerap lemak dalam tubuh. Cobalah mengonsumsi air putih terlebih dahulu sebelum makan, dengan tujuan ‘mengelabui’ perut terasa lebih cepat kenyang.

Tetapi mengonsumsi air terlalu banyak, pun tidak dianjurkan. Dianjurkan untuk mengonsumsi air 2 liter per hari. Jika merasa jenuh dengan air putih, bisa mengonsumsi jus buah tanpa gula atau susu rendah lemak sebagai selingan.

Makan Tergesa-gesa
Terkadang kita terlalu tergesa-gesa ketika mengonsumsi makanan. Sehingga tidak menyadari seberapa nikmat makanan yang kita konsumsi. Maka dari itu, kita harus mengunyah secara perlahan, dengan istilah mindfull eating.

Sebuah penelitian yang telah dilansir dari Journal of Obesity, bahwa mindful eating dapat membantu penurunan berat badan. Dengan cara ini, pola makan dapat lebih terkontrol dan tubuh dapat mencernanya dengan mudah.

Itulah kebiasaan yang terkadang kita lewati untuk menurunkan berat badan. Sehingga, usaha untuk diet, gagal lagi dan gagal lagi.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *