7 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Hujan

Tips menjaga kesehatan tubuh saat musim hujan. (Foto: Bodrex)

Sukoharjonews.com – Memasuki musim hujan, biasanya tubuh kita menjadi mudah terserang penyakit. Apalagi untuk sekarang, cuaca sangat tidak menentu. Bisa saja pagi panas, sore hujan. Begitu pula sebaliknya. Pada musim hujan seperti ini, penyakit sering kita jumpai. Seperti batuk, flu, dan pilek.


Untuk itu, sudah saatnya kita menjaga kesehatan kita di musim penghujan. Dikutip dari Youtube Channel Halosehat, Selasa (22/11/22), mari simak tips menjaga kesehatan tubuh di musim hujan:

1. Membawa peralatan hujan saat sedang bepergian
Salah satu cara awal agar tetap terjaga kesehatan Anda ditengah musim hujan, adalah selalu membawa payung dan jas hujan saat bepergian. Karena payung dan jas hujan dapat melindungi kita dari air hujan.

2. Melakukan Pencegahan Malaria
Cara untuk mencegah penyakit malaria yang biasanya disebabkan oleh nyamuk dapat dilakukan dengan cara memasang kelambu atau menyemprot cairan pembasmi nyamuk. Selain itu juga dapat melakukan 3M. Yaitu menguras, menutup, dan mengubur sampah atau genangan air.

3. Hindari Makanan Yang Tidak Higienis
Saat musim hujan, hindari makanan yang tidak higienis. Apalagi saat musim hujan usahakan untuk tidak sering makan makanan yang tidak terjamin kesehatannya. Pastikan makanan yang kita makan adalah makanan yang mengandung vitamin dan serat.


4. Rajin Mengonsumsi Air Putih dan Minuman Sehat
Mengonsumsi air putih merupakan hal yang wajib untuk memenuhi mineral dalam tubuh kita. Anda juga harus mengonsumsi minuman sehar seperti susu, teh hijau, air rebusan jahe untuk meningkatkan kekebalan tubuh

5. Selalu Menjaga Kebersihan Diri
Apalagi saat musim hujan, bakteri dan virus mudah berkembang di cuaca yang memiliki intensitas kelembapan yang tinggi. Oleh karena itu, penting menjaga kebersihan agar terhindar dari penyakit. Cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan antara lain mencuci tangan menggunakan sabun sebelum dan sesudah makan, menggunakan hand sanitizer setelah memegang sesuatu.

6. Tidur Yang Cukup
Tidur akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga badan tidak akan mudah terserang penyakit, apalagi saat musim hujan. Berdasarkan penelitian pada situs Health.com, orang yang tidur kurang dari 7 jam sehari akan rentan terkena flu.

7. Berolahraga
Berdasarkan penelitian American Heart Association menyatakan bahwa, latihan sehari – hari dapat mencegah infeksi kuman dan bakteri. Maka biasakan untuk tetap bergerak salah satunya dengan workout. (cita septa/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *