7 Tips Menghilangkan Mata Panda yang Mengganggu

Tips menghilangkan mata panda. (Foto: Herworld Indonesia)

Sukoharjonews.com – Mata panda alias “dark circle” sudah lama menjadi musuh besar para perempuan. Pasalnya, mata panda membuat tampak lebih tua, lelah, dan tidak segar. Lingkaran hitam di mata adalah bentuk perubahan warna kulit menjadi lebih gelap yang terjadi di bawah mata.


Dilansir dari Aladokter, Minggu (4/12/2022) ada beberapa cara menghilangkan mata panda yang bisa Anda lakukan dengan mudah di rumah, antara lain:

1. Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh
Salah satu penyebab munculnya mata panda adalah kurangnya cairan tubuh atau dehidrasi. Oleh karena itu, Anda perlu minum air putih minimal 8 gelas setiap hari agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi. Kekurangan cairan tubuh dapat membuat Anda lesu dan mata panda semakin jelas terlihat.

2. Menggunakan kompres dingin
Mata panda terbentuk karena pembuluh darah di bawah kulit sekitar mata melebar. Untuk menghilangkan mata panda, Anda bisa memberi kompres dingin di bawah mata guna mengecilkan pembuluh darah yang melebar. Anda cukup bungkus es batu dengan kain bersih atau rendam kain di dalam air dingin, lalu tempatkan di kulit sekitar mata yang menggelap selama 15–20 menit.


3. Mengompres dengan kantong teh celup
Teh, baik teh hitam atau teh hijau, mengandung kafein dan antioksidan yang mampu memperbaiki sirkulasi darah dan mencerahkan kulit. Untuk mengatasi mata panda, Anda bisa mengompres mata selama 15–20 menit dengan teh basah yang telah didinginkan di dalam kulkas.

4. Menggunakan bahan alami
Untuk mengurangi warna gelap pada mata panda, Anda dapat mengoleskan bahan alami, seperti minyak almond atau gel lidah buaya.

5. Menghindari konsumsi minuman beralkohol
Minuman beralkohol dapat menyebabkan dehidrasi ringan yang membuat mata panda semakin terlihat jelas. Selain itu, konsumsi kopi berlebihan juga membuat Anda terjaga lebih lama, sehingga mata panda pun semakin sulit hilang.


6. Menggunakan krim mata
Beberapa krim mata, misalnya krim yang mengandung vitamin C, vitamin E, vitamin K, atau ekstrak daun teh, diketahui mampu mengurangi kerutan di kulit dan menyamarkan mata panda. Namun, pasti hal ini tidak secara instan. Anda harus rutin menggunakannya.

7. Mencukupi waktu tidur
Kelelahan dan kurang tidur merupakan salah satu penyebab paling umum munculnya mata panda. Oleh karena itu, untuk menghilangkan mata panda, Anda perlu mencukupi waktu tidur, yaitu sekitar 7–9 jam setiap malam. Hindari kebiasaan sering tidur terlalu malam atau begadang.

Meski bukan kondisi medis yang serius, Anda tetap perlu waspada jika mata panda tak kunjung hilang setelah beberapa hari atau berminggu-minggu. (cita septa/mg).


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *