7 Tips Mencegah Gigi Berlubang secara Alami yang Mudah Dilakukan

Tips mencegah gigi berlubang. (Foto: Sehatq)

Sukoharjonews.com – Sebagian masyarakat malas untuk rutin memeriksa gigi. Masyarakat baru ke dokter gigi ketika gigi sedang bermasalah. Dengan adalan itu, ada banyak cara mencegah gigi berlubang yang bisa dilakukan, agar kerusakan gigi ini tidak berujung harus dicabut. Mulai dari cara sendiri yang bisa dilakukan di rumah hingga dengan prosedur oleh dokter.


Gigi berlubang hampir semua masyarakat Indonesia baik anak-anak maupun orang dewasa setidaknya pernah mempunyai satu gigi yang berlubang. Padahal, mencegah gigi berlubang bukanlah perkara sulit. Dikutip dari Sehatq, Minggu (7/8/2022), cara untuk mencegah gigi berlubang juga akan menghindari Anda dari berbagai ketidaknyamanan, seperti bau mulut, sakit gigi, hingga gigi yang ompong.

Beberapa cara mencegah gigi berlubang secara alami lewat perawatan rumahan:

1. Mengunyah permen karet bebas gula
Mengunyah permen karet setelah makan, dipercaya dapat membantu mengangkat sisa-sisa makanan di permukaan gigi. Selain itu, kegiatan ini juga dapat mencegah gigi berlubang dengan memicu permukaan gigi memproduksi mineral baru, agar mineral yang hilang tidak membuat gigi jadi berlubang.

Kemampuan ini didapatkan dari kandungan xylitol pada permen karet. Xylitol, memiliki kemampuan untuk menstimulasi keluarnya air liur, meningkatkan pH plak, dan mengurangi terbentuknya bakteri penyebab gigi berlubang.
Meski begitu, penelitian lebih lanjut tetap perlu dilakukan untuk mendukung teori ini.


2. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D
Untuk mencegah gigi berlubang, Anda perlu cukupi kebutuhan vitamin D. Sebab, vitamin ini turut berperan dalam penyerapan mineral yang baik untuk kesehatan seperti kalsium dan fosfat yang didapat dari asupan makanan sehari-hari. Vitamin D bisa didapatkan dari asupan seperti susu dan produk olahannya serta sinar matahari.

3. Membatasi konsumsi makanan manis
Gigi berlubang disebabkan berbagai macam faktor, salah satunya kebiasaan konsumsi makanan manis secara berlebihan. Jadi, jika ingin mencegahnya, hindari makanan yang manis maupun lengket di gigi. Sebab, kedua jenis makanan tersebut bisa jadi sasaran empuk bakteri penyebab gigi berlubang.

4. Konsumsi makanan yang baik untuk kesehatan gigi
Ada makanan yang merusak gigi, ada juga yang baik untuk gigi. Makanan seperti buah dan sayuran, baik untuk merangsang keluarnya air liur sehingga gigi lebih terlindungi dari bakteri penyebab gigi berlubang.

Selain itu, air putih dan permen karet bebas gula juga bisa membantu menyingkirkan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi.


5. Menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride
Saat menyikat gigi, ingatlah untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Fluoride memiliki peran penting untuk mencegah gigi berlubang. Dalam prosesnya, fluoride membantu mencegah gigi kehilangan mineral di lapisan email, dan dapat mengganti mineral yang hilang. Sikatlah gigi minimal dua kali sehari, yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur.

6. Rutin gunakan obat kumur
Selain menyikat gigi, berkumur dengan obat kumur yang mengandung fluoride juga dapat bantu mencegah gigi berlubang. Selain itu, menggunakan obat kumur juga akan membantu membersihkan sisa makanan yang sulit untuk dijangkau oleh sikat gigi.

7. Gunakan benang gigi
Benang gigi atau dental floss merupakan alat yang sangat berguna untuk membersihkan sela-sela gigi. Metode ini penting dilakukan sebab sisa makanan yang menyangkut bisa menjadi makanan bakteri penyebab gigi berlubang. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.