7 Manfaat Jamur untuk Kesehatan, Ternyata Bisa Mencegah Penyakit Pikun

Manfaat jamur untuk kesehatan. (Foto: Pixabay)

Sukoharjonews.com – Jamur atau cendawan adalah organisme yang termasuk ke dalam kingdom Fungi dan tidak mempunyai klorofil sehingga bersifat heterotrof. Jamur ada yang uniseluler dan multiseluler. Tubuhnya terdiri dari benang-benang yang disebut hifa. Hifa dapat membentuk anyaman bercabang-cabang yang disebut miselium.


Dilansir dari UCLA Health, Jumat (9/12/2022), berbagai macam manfaat jamur ternyata belum banyak orang tahu. Jamur membawa rasa gurih pada makanan tanpa menambahkan banyak lemak, kalori, atau natrium. Tetapi manfaat kesehatan tidak berhenti di situ. Para peneliti terus mengungkap bagaimana jamur dapat menangkal penyakit kronis dan meningkatkan kesehatan Anda sehari-hari. Baca terus untuk menemukan tujuh manfaat jamur bagi kesehatan Anda:

1. Menurunkan risiko kanker
Tinjauan terhadap 17 studi kanker dari tahun 1966 hingga 2020 menunjukkan bahwa makan hanya 18 gram jamur (setara dengan sekitar 1/8 cangkir atau dua jamur ukuran sedang) sehari dapat menurunkan risiko kanker sebanyak 45%. Jamur adalah sumber ergothioneine yang kuat, asam amino dan antioksidan yang mencegah atau memperlambat kerusakan sel.

2. Menyeimbangkan asupan natrium
Natrium dan tekanan darah tinggi sering berjalan seiring. Natrium menyebabkan tubuh menahan cairan berlebih, yang dapat meningkatkan tekanan darah. Untuk mengurangi asupan natrium Anda, pertimbangkan untuk menambahkan jamur ke dalam makanan Anda.


3. Mempromosikan menurunkan kolesterol
Jamur merupakan pengganti yang sangat baik untuk daging merah sekaligus meminimalkan kalori, lemak, dan kolesterol. Penelitian menunjukkan bahwa jamur shiitake, khususnya, membantu menjaga kadar kolesterol tetap rendah. Mereka mengandung senyawa yang menghambat produksi kolesterol, menghalangi penyerapan kolesterol dan menurunkan jumlah keseluruhan kolesterol dalam darah Anda.

4. Melindungi kesehatan otak
Peneliti terus mempelajari efek makan jamur pada gangguan kognitif ringan (MCI). MCI menyebabkan kesulitan memori dan bahasa dan seringkali merupakan pendahulu penyakit Alzheimer.

5. Menyediakan sumber vitamin D
Vitamin D membantu tubuh Anda menyerap kalsium untuk mempertahankan dan membangun tulang yang kuat. Banyak orang mengandalkan suplemen atau sinar matahari untuk mendapatkan vitamin D, tetapi jika Anda ingin mendapatkan nutrisi ini melalui makanan, jamur mungkin jawabannya. Mereka adalah satu-satunya jenis produk yang merupakan sumber vitamin D.


6. Merangsang usus yang lebih sehat
Mikrobioma di usus Anda adalah rumah bagi organisme dan bakteri yang berperan besar dalam kesehatan dan suasana hati Anda. Salah satu cara menjaga kesehatan usus adalah dengan merangsang pertumbuhan bakteri sehat di ruang tersebut dengan penggunaan prebiotik, seperti jamur.

7. Mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat
Jamur mengandung makronutrien yang mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat. Menurut Dewan Jamur, sistem kekebalan tubuh Anda akan mendapat manfaat dari jamur yang nutrisinya meliputi:
– Selenium, yang membantu tubuh Anda membuat enzim antioksidan untuk mencegah kerusakan sel. Pilih jamur cremini atau portabella untuk mendapatkan manfaat maksimal.

– Vitamin D, yang membantu pertumbuhan sel, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan mengurangi peradangan. Jamur maitake menawarkan cara mudah untuk menambahkan vitamin D ke dalam makanan Anda.
– Vitamin B6, yang membantu tubuh Anda membentuk sel darah merah, protein, dan DNA. Jamur Shiitake adalah pilihan terbaik untuk vitamin B6. (patrisia argi/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *