7 Makanan Ini Dipercaya Membantu Meningkatkan Kehidupan Seks Anda

Ikan salmon dipercaya mampu meningkatkan gairah seksual. (Foto: Jovee)

Sukoharjonews.com – Memiliki dorongan seks yang sehat terkait dengan perasaan sehat secara fisik dan emosional, jadi tidak mengherankan jika makanan yang Anda makan berperan dalam meningkatkan kehidupan seks Anda.


Dilansir dari Healthline, Jumat (20/1/2023), diet bergizi dapat bermanfaat bagi kehidupan seks Anda dalam banyak hal, seperti meningkatkan libido, meningkatkan aliran darah dan kesehatan jantung, serta
meningkatkan stamina Anda.

Mengonsumsi makanan kaya sayuran dan protein tanpa lemak — dan rendah makanan yang mengandung gula dan lemak jenuh — juga dapat membantu mencegah gangguan yang memengaruhi libido Anda, seperti sindrom metabolik dan kondisi hormonal.

Ketujuh makanan ini dikemas dengan nutrisi yang dapat meningkatkan libido Anda dan juga dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.


1. Tiram
Anda mungkin pernah mendengar tentang sifat afrodisiak tiram. Alasannya karena tiram mengandung seng yang tinggi. Senyawa ini meningkatkan aliran darah, yang dapat membantu aliran darah ke organ seks.

Seng mungkin sangat penting dalam kesuburan pria, karena membantu mengatur kadar testosteron. Kekurangan seng berdampak negatif pada kadar testosteron. Tiram mengandung lebih banyak seng daripada sumber makanan lainnya, dengan satu porsi menyediakan 673% dari nilai harian Anda.

Jika Anda bukan penggemar moluska, cobalah lobster atau kepiting. Kedua jenis kerang tersebut sarat dengan seng.

Sumber seng non-makanan laut meliputi: daging sapi, kacang panggang, biji labu, sereal yang diperkaya dengan seng.


2. Daging tertentu
Makan daging, atau makanan lain yang mengandung asam amino tertentu, bisa membantu meningkatkan kehidupan seks Anda.

Berbagai makanan berprotein tinggi — termasuk daging sapi, ayam, mengandung senyawa yang membantu meningkatkan aliran darah, seperti: karnitin, L-arginin, dan seng. Aliran darah yang lancar sangat penting untuk respons seksual pada semua jenis kelamin.

Secara khusus, suplemen arginin dapat membantu mengobati disfungsi ereksi (DE) ringan hingga sedang.
Namun, perlu diingat bahwa makan terlalu banyak daging merah bisa berdampak buruk bagi jantung Anda.

Sajikan beberapa protein hewani (secukupnya, untuk menghindari peningkatan risiko penyakit jantung) untuk membantu menjaga semua sistem berjalan lancar di kamar tidur.

Jika Anda mengikuti diet vegetarian, Anda bisa mendapatkan nutrisi ini dari biji-bijian dan produk susu, termasuk susu dan keju. Carnitine dan L-arginine adalah asam amino yang ditemukan dalam berbagai makanan berprotein tinggi. Biji-bijian utuh dan susu merupakan sumber seng yang sangat baik.


3. Salmon
Salmon terkenal memiliki asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung. Ikan berdaging merah muda, serta sarden, tuna, dan halibut, dapat berperan dalam menjaga kesehatan tubuh dan kehidupan seks Anda.

Omega-3 membantu mencegah penumpukan plak di arteri Anda, menurut ulasan tahun 2017. Ini meningkatkan aliran darah yang sehat ke seluruh tubuh Anda. Menjaga sistem peredaran darah bekerja dengan lancar mengurangi risiko penyakit tertentu yang mengganggu fungsi seksual.

Ulasan besar Cochrane tahun 2020 mengatakan bahwa asam lemak omega-3 sedikit mengurangi risiko kejadian penyakit jantung koroner dan kematian, serta mengurangi trigliserida (lemak) dalam darah. Ikan juga merupakan sumber protein, vitamin B12, vitamin D, dan zat besi. Ini juga mengandung seng.

Untuk membantu menjaga kesehatan jantung dan tubuh Anda, Food and Drug Administration (FDA) merekomendasikan untuk mengonsumsi setidaknya dua porsi ikan per minggu.


4. Kacang-kacangan dan biji-bijian
Alih-alih permen, cobalah mengemil segenggam kacang dan biji-bijian. Kacang mete dan almond penuh dengan seng, sementara sejumlah camilan sehat mengandung L-arginin untuk melancarkan aliran darah Anda.

Coba yang berikut ini: kenari, biji labu, biji bunga matahari, kacang pikan, kacang hazel, kacang kacangan. Kacang kenari sangat membantu, karena juga kaya akan omega-3.


5. Apel
Apel kaya akan senyawa yang disebut quercetin. Antioksidan ini, sejenis flavonoid, mungkin menawarkan sejumlah manfaat kesehatan.

Sejauh berhubungan seks, quercetin berperan dalam: mempromosikan sirkulasi, mengobati DE, mengelola gejala prostatitis. Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan disfungsi seksual karena kerusakan pembuluh darah mengganggu aliran darah ke alat kelamin. Ini adalah salah satu penyebab DE.

Pada wanita, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan libido rendah dan minat seks berkurang, terutama jika menyebabkan kelelahan. Aliran darah yang lebih rendah ke vagina dapat mempengaruhi bagaimana tubuh mereka merespons aktivitas seksual.

Secara keseluruhan, diet kaya flavonoid meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dan menjaga kehidupan seks Anda tetap sehat.

Makanan sehat yang kaya flavonoid meliputi: apel, stroberi, bluberi, anggur berwarna gelap, anggur merah, ceri, dan buah sitrus.


6. Bit
Bit kaya akan antioksidan dan vitamin, menjadikannya tambahan yang menyehatkan untuk diet apa pun. Mereka juga tinggi nitrat diet, yang berarti mereka dapat membantu meningkatkan kehidupan seks Anda.

Nitrat diet melebarkan pembuluh darah, suatu proses yang dikenal sebagai vasodilatasi, yang meningkatkan aliran darah. Ini memiliki efek menguntungkan pada kontraksi otot. Karena itu, beberapa atlet menggunakan nitrat untuk meningkatkan performa.

Beberapa studi bahkan menyarankan bahwa hanya satu dosis jus bit, atau dosis selama beberapa hari, dapat meningkatkan kinerja orang pada latihan intensitas tinggi yang terputus-putus, dengan waktu istirahat yang singkat.

Penelitian juga menunjukkan bahwa diet nitrat dari jus bit dapat membantu mengatur tekanan darah. Para peneliti mengatakan hal ini dapat bermanfaat bagi orang dengan tekanan darah yang sehat dan penderita hipertensi.

Mekanisme yang sama ini, secara teori, juga dapat membantu meningkatkan aliran darah dan stamina saat berhubungan seks, sekaligus meningkatkan kesehatan jantung Anda secara keseluruhan.

Makanan lain yang mengandung nitrat tinggi meliputi: bayam, arugula yang juga dikenal sebagai roket, cress yang juga dikenal sebagai selada taman, selada, seledri, lobak.


7. Anggur merah
Seperti apel, anggur merah mengandung quercetin, antioksidan yang meningkatkan aliran darah.

Sebuah studi tahun 2009 yang melibatkan 798 wanita menemukan bahwa asupan anggur merah yang teratur dan sedang dikaitkan dengan hasrat seksual yang lebih tinggi, pelumasan, dan fungsi seksual secara keseluruhan.

Para peneliti mencatat bahwa minum lebih dari dua gelas anggur merah setiap hari atau menikmati jenis minuman beralkohol lainnya tidak memberikan hasil yang sama.

Konon, minum anggur, atau alkohol apa pun, secara berlebihan dapat menimbulkan efek sebaliknya, yang menyebabkan disfungsi seksual. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *