6 Tips Merawat Wajah Berjerawat yang Mudah Dilakukan

Tips merawat wajah berjerawat. (Foto: Hellosehat)

Sukoharjonews.com – Jerawat merupakan gangguan kesehatan kulit yang bisa terjadi pada siapa pun. Merawat kulit berjerawat menjadi salah satu langkah terbaik dalam mengatasi gangguan kesehatan kulit tersebut. Tips ini cukup mudah dilakukan.


Ada berbagai langkah mudah untuk menghilangkannya. Dikutip dari Halodoc, Minggu (7/8/2022), salah satunya adalah merawat kulit berjerawat. Lantas, apa saja hal-hal yang harus dilakukan untuk merawat kulit berjerawat? Berikut ini tips merawat wajah berjerawat:

1. Mencuci Muka secara Rutin
Tips merawat kulit berjerawat yang pertama dilakukan dengan mencuci muka secara rutin. Penting untuk menjaga kebersihan muka, mengingat bakteri yang masuk ke dalam kulit menjadi penyebab infeksi kulit dan memicu pertumbuhan jerawat. Mencuci muka bertujuan untuk menghilangkan polusi, debu, kotoran, dan minyak yang menempel di wajah.

Mencuci muka bertujuan mempersiapkan kulit untuk melanjutkan tahapan pemakaian skincare. Hal tersebut dilakukan guna mendukung proses regenerasi dan peremajaan kulit. Meski mencuci muka penting dilakukan, tetapi kamu tidak boleh melakukannya terlalu kering, karena justru dapat menghilangkan lapisan minyak alami kulit. Sebaiknya lakukan sebanyak dua kali dalam sehari.


2. Pilih Sabun Muka Sesuai Jenis Kulit
Mencuci muka perlu dilakukan dengan sabun yang sesuai dengan jenis kulit. Saat jerawat tengah meradang, hindari penggunaan sabun berbahan dasar kimia yang keras, ya. Residu bahan kimia tersebut akan meninggalkan sensasi kering dan kesat, yang memicu iritasi kulit. Jadi, pastikan untuk memilih sabun yang sesuai dengan jenis kulit, dan pastikan bahwa produk tersebut diformulasikan untuk wajah, ya.

3. Sebaiknya jangan Gunakan Scrub Wajah
Sabun cuci muka yang mengandung scrub memang ampuh dalam mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori-pori wajah. Namun, jika dipakai oleh orang yang berjerawat, alih-alih sembuh, sabun jenis tersebut justru dapat memperparah jerawat. Hal tersebut dikarenakan, butiran scrub melukai kulit yang tengah meradang, dan membuat iritasi semakin parah.

4. Ubah Pola Makan Menjadi Lebih Sehat
Meski tidak berdampak langsung terhadap kulit, tetapi ada beberapa jenis makanan yang memicu peningkatan produksi minyak pada wajah. Makanan tersebut dapat meningkatkan kadar gula darah, sehingga memicu produksi insulin berlebih dalam tubuh. Jika sudah begitu, metabolisme tubuh menjadi berantakan yang berujung pada terhambatnya proses penyembuhan jerawat.


Berikut ini makanan yang direkomendasikan untuk menunjang proses mengatasi jerawat: Gandum utuh, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan yang mengandung omega-3, sayur dan buah-buahan, banyak minum air putih.

5. Kelola Stres dengan Baik
Tips merawat kulit berjerawat selanjutnya bisa dilakukan dengan mengelola stres. Semakin tinggi tingkat stres seseorang, maka semakin rentan terkena jerawat. Oleh sebab itu, jika kamu sedang merasa stres, disarankan untuk segera mencari cara mengendalikannya.

6. Rutin Melakukan Olahraga
Rutin berolahraga secara tidak langsung dapat membantu mengatasi jerawat. Hal tersebut dikarenakan, keringat yang keluar saat berolahraga dapat membuka pori-pori, yang memudahkan kotoran dan bakteri di kulit mudah terangkat. Berkaitan dengan hal tersebut, kamu disarankan untuk langsung mandi setelah berolahraga, agar kotoran dan keringat tidak menyumbat pori-pori. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.