6 Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan yang Kurang Diketahui

Manfaat asam jawa untuk kesehatan. (Foto: Alodokter)

Sukoharjonews.com – Asam Jawa (Tamarindus indica) adalah pohon berperawakan besar yang selalu hijau. Sesuai namanya, buahnya memiliki rasa asam dan selama ini sering digunakan sebagai bumbu masakan atau minuman. Di Indonesia asam juga juga banyak digunakan sebagai bumbu tambahan pada berbagai masakan khas Indonesia seperti, sayur asam, sambal pecel, tahu gejrot dan masih banyak lagi.


Selain pada makanan, asam jawa memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan yang kurang diketahui masyarakat. Dilansir dari Instagram @bbcgoodfood, Jumat (15/8/2022), berikut ini beberapa manfaat asam jawa untuk kesehatan:

1. Sumber antioksidan
Asam jawa kaya akan banyak fitonutrien sebagai antioksidan diet yang kuat, dan dapat meningkatkan kemanjuran pertahanan kekebalan alami tubuh. Antioksidan diperlukan untuk mengurangi dampak inflamasi dari stres oksidatif.

2. Memiliki Sifat Antikanker
Dalam penelitian pada hewan tahun 2014, ekstrak biji asam mengurangi penanda stres oksidatif dan menunda perkembangan Karsinoma Sel Ginjal. Ini karena efek antioksidannya, dan ekstrak biji asam memiliki sifat induksi enzim antioksidan dan efek penyumbatan jalur sinyal terkait kanker.

3. Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung Dan Kolesterol
Asam Jawa kaya akan polifenol dan flavonoid, asam telah terbukti menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL, sehingga menurunkan risiko aterosklerosis. Bubur kering juga ditemukan memiliki efek anti-hipertensi, mengurangi tekanan darah diastolik.


4. Mencegah Penyakit Liver
Penyakit hati berlemak, atau hepatosteatosis, meningkat di dunia Barat, dan ekstrak buah asam telah terbukti memberikan efek perlindungan bagi hati, karena mengandung antioksidan yang disebut procyanidins, yang menangkal kerusakan radikal bebas pada hati.

5. Memberikan manfaat antimikroba alami
Senyawa alami yang terdapat pada ekstrak asam jawa berpotensi untuk digunakan sebagai antimikroba alami terhadap mikroorganisme patogen. Secara khusus, senyawa yang disebut lupeol telah diidentifikasi karena sifat antibakterinya.

6. Sebagai anti-diabetes
Efek anti-inflamasi dari ekstrak biji asam telah terbukti menawarkan manfaat perlindungan potensial dan meningkatkan regulasi gula darah pada penderita diabetes. (patrisia argi/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *