6 Makanan yang Wajib Ada Saat Imlek Karena Membawa Keberuntungan

Makanan wajib saat Imlek. (Foto: Pixabay)

Sukoharjonews.com – Tahun Baru Imlek dirayakan oleh masyarakat Tionghoa dengan cara berkumpul dengan keluarga. Acara yang tak boleh terlewat ialah makan malam dengan hidangan khusus untuk mengundang keberuntungan sepanjang tahun.


Yuk, simak sederet hidangan wajib Imlek yang jadi simbol kemakmuran, kebahagiaan, dan keberuntungan seperti dilansir Chinese New Year, Senin (23/1/2023), ada hidangan imlek yang wajib ada saat kumpul keluarga, ini dia:

1. Lumpia
Bentuk lumpia yang terlihat seperti emas batangan merupakan simbol harapan datangnya kemakmuran dan kekayaan. Tak heran jika lumpia muncul di atas meja sebagai hidangan makan malam, makanan pembuka, atau makanan ringan.

2. Pangsit
Pangsit jadi hidangan khusus Imlek karena bentuknya menyerupai batangan perak dan emas Tiongkok kuno. Masyarakat Tionghoa percaya jika membungkus pangsit sama dengan membungkus rejeki. Setelah memakan pangsit, kamu akan hidup kaya dan sejahtera sepanjang tahun.


3. Mie
Mie merupakan hidangan Imlek yang mengungkapkan keinginan akan kemakmuran. Selama perayaan tahun baru Imlek, mie panjang umur jadi pilihan utama. Kamu tidak diperbolehkan memotongnya dan harus mencoba untuk tidak mengunyahnya saat makan. Semakin panjang mie, maka semakin lama umurmu.

4. Ikan Kukus
Ikan melambangkan keberkahan dan kekayaan. Orang Tionghoa akan mengukus ikan utuh sebagai sajian makan malam tahun baru Imlek. Seekor ikan utuh melambangkan keluarga yang harmonis dan utuh.


5. Ayam Kukus
Selain ikan, ayam utuh juga jadi simbol keluarga. Seekor ayam mengandung protein tinggi dan cukup untuk dimakan seluruh keluarga. Hal itu melambangkan kebersamaan dan kelahiran kembali. Untuk mengungkapkan rasa syukur, orang Tionghoa akan memisahkan bagian kepala dan cakarnya.

6. Nian Gao
Nian gao juga dikenal sebagai kue beras yang wajib dihidangkan saat tahun baru Imlek. Nian gao disajikan sebagai makanan penutup dan makanan ringan. Nian gao merupakan simbol keinginan untuk menjadi lebih sukses dari tahun ke tahun. (patrisia argi/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *