5 Tips Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi Datang, Ternyata Mudah

Tips mengatasi nyeri saat menstruasi. (Foto: Hermina Hospital)

Sukoharjonews.com – Silus mentruasi bagi kaum perempuan datang setiap bulan. Saat siklus terebut datang, banyak perempuan yang yang mengalami nyeri. Siklus menstruasi biasanya terjadi antara 5 sampai 7 hari. Nyeri pada saat menstruasi ini biasanya terjadi pada hari awal siklus menstruasi. Rasa nyeri akibat menstruasi ini tentunya sangat mengganggu aktivitas sehari–hari.


Dikutip dari aladokter.com, Sabtu (5/11/2022), penyebab nyeri saat menstruasi salah satunya adalah kontraksi otot pada rahim. Saat menstruasi, dinding rahim akan meluruh dan berkontraksi lebih kencang untuk mengeluarkan sel telur yang tidak dibuahi. Keluarnya sel telur dan jaringan dinding rahim inilah yang tampak menyerupai darah haid.

Kontraksi ini dapat menekan pembuluh darah yang mengelilingi rahim, sehingga memutus suplai darah dan oksigen ke rahim. Kondisi tersebut menyebabkan jaringan rahim melepaskan bahan kimia yang menimbulkan rasa nyeri. Berikut beberapa tips/cara mengatasi nyeri saat menstruasi:

1. Berbaring dan naikkan kaki keatas
Saat siklus menstruasi sedang berlangsung, tak jarang hal itu sangat mengganggu aktivitas kita sehari – hari. Namun saat nyeri itu tiba – tiba datang, Anda bisa berbaring dan menaikkan kaki anda ke atas. Bisa gunakan bantal untuk menyangga bagian bawah kaki Anda, atau bisa juga menyandarkan kaki Anda ke dinding atau tembok.selain itu, Anda juga bisa berbaring miring sambal menekuk lutut. Kedua posisi teesebut sangat membantu Anda ketika nyeri menstruasi datang.

2. Kompres air hangat
Mengopres air hangat pada area yang sedang sakit dapat membantu menghilangkan rasa nyeri karena hal ini dapat melemaskan otot yang kram dan mencegah rasa begah saat nyeri datang. Selain itu Anda juga dapat minum air hangat untuk mengurangi nyeri saat menstruasi.


3. Pijat
Anda bisa melakukan sendiri atau bisa meminta bantuan dari keluarga. Coba pijat bagian yang lembut pada perut atau punggung bagian bawah dengan gerakan yang memutar

4. Minum teh herbal
Contoh dari minuman teh herbal adalah teh hangat dari chamomile atau teh jahe. The herbal ini bisa menjadi obat nyeri alami karena bisa membantu melemaskan otot – otot yang tegang serta menghilangkan rasa nyeri saat menstruasi.

5. Berolah raga
Saat nyeri pada menstruasi, Anda mungkin menjadi malas dan jarang untuk beraktifitas dan cenderung ingin tidur – tiduran saja. Padahal sebenarnya ketika kita banyak bergerak dan berolahraga, justru nyeri saat menstruasi akan hilang. Ini karena saat Anda berolahraga tubuh akan mengeluarkan hormon edorfinyang bekerja sebagai penghilang rasa sakit. Anda bisa melakukan olahraga yang ringan-ringan saja. Misalnya jalan kaki, jogging, bersepeda, atau yoga. Tapi jangan dipaksakan jika memang Anda merasa lemas saat nyeri menstruasi datang.

Untuk menghindari nyeri menstruasi yang berlebih, Anda juga bisa mengonsumsi obat penyeri menstruasi seperti paracetamol, atau asam mefenamat sesuai dengan anjuran dokter. Jika cara–cara tersebut tidak kunjung reda, Anda sebaiknya lebih waspada terutama jika Anda mengalami nyeri seperti berikut ini :
– Nyeri haid parah
– Disertai mual, muntah, atau diare
– Berlangsung 3 siklus berturut – turut

Jika Anda mengalami gejala seperti yang disebutkan di atas, sebaiknya Anda periksa ke dokter dengan segera. (cita septa/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *