5 Tips Kesehatan Jantung yang Perlu Anda Ketahui

Tips Kesehatan Jantung. (Foto: Darya-Varia)

Sukoharjonews.com – Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menghitung bahwa penyakit jantung adalah penyebab satu dari empat kematian di Amerika Serikat. Baik bagi pria maupun wanita, jenis penyakit ini masih menjadi penyebab utama kematian dengan lebih dari 647.000 orang setiap tahunnya.


Dilansir dari Darya-Varia, Kamis (24/11/2022), jantung adalah anggota tubuh yang paling vital yang terus menerus bekerja, mengalirkan darah dan oksigen ke seluruh organ tubuh. Jika Anda tidak diberi perhatian yang dibutuhkan hati Anda, masalah yang signifikan dapat muncul.

Beberapa tips yang bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan kondisi terkait, seperti:

1. Hindari tembakau
Tim kesehatan Anda dapat membantu Anda berhenti merokok, mengunyah tembakau, menguap, dan menggunakan produk tembakau lainnya. Tetap seperti itu jika saat ini Anda tidak merokok.

2. Jika Anda mengonsumsi alkohol, lakukan secukupnya
Kesehatan jantung Anda akan terganggu jika Anda minum alkohol secara berlebihan. Tindakan yang disarankan adalah membatasi penggunaan alkohol Anda tidak lebih dari satu gelas per hari atau sama sekali tidak mengonsumsi alkohol.


3. Ambil tindakan
Cobalah untuk melakukan aktivitas kardiovaskular selama 20 hingga 30 menit sehari, tiga hingga lima kali seminggu. Tingkatkan waktu kardio mingguan Anda hingga mencapai 150 menit. Dengan melakukan sesuatu yang mudah seperti berjalan cepat, Anda dapat meningkatkan detak jantung. Anda tidak perlu berolahraga terlalu keras setiap hari.

4. Pertahankan berat badan yang sehat
Untuk menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan yang sehat, Anda harus sering berolahraga, makan lebih sedikit kalori saat makan, dan mengurangi porsi makan. Sederhananya, Anda harus membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda konsumsi jika ingin menurunkan berat badan.

5. Konsumsi makanan yang sehat
Selain membuat Anda merasa lebih baik daripada saat Anda makan makanan olahan dan junk food, pilihan makanan sehat dan segar seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan mengurangi kemungkinan Anda menjadi gemuk, terkena penyakit jantung, dan terkena diabetes. (patrisia argi/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *